Sukses

Penyebab Gatal di Daerah Lipatan

21 May 2017, 14:17 WIB
Wanita, 34 tahun.

Ruam pada leher dan dada serta payudara,terasa sangat gatal kadang pedih Apakah akibat infeksi jamur,sudah kedokter dan dikasih ctm jg salep hydrocortisone malah tambah gatel.

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai gatal di daerah lipatan.

Gatal-gatal di lipatan tangan maupun kaki merupakan salah satu gejala dari alergi yaitu dermatitis atopi. Hal ini dapat disebabkan oleh keringnya kulit, iritasi oleh sabun, detergen, pelembut pakaian, dan bahan kimia lain, alergi atau intoleransi terhadap makanan tertentu, alergi terhadap tungau debu, serbuk sari tanaman, atau bulu hewan, dan virus serta infeksi lain. Yang harus Anda lakukan adalah menghindarai pajanan alergi tersebut, entah debu, dingi, atau makanan yang menyebabkan Anda galat-gatal.

Namun di lipatan kulit juga daerah paling rentan untuk terinfeksi jamur. Gejala penyakit jamur yang harus kita perhatikan, pertama kulit kelihatan memerah, terasa sangat gatal, dan lama-lama akan melebar. Biasanya jamur kulit memang menginfeksi daerah yang lembab dan kurang terjaga kebersihannya. Cara mengatasi infeksi jamur kulit sebenarnya mudah, tapi memerlukan perhatian khusus. Pertama, kulit yang terinfeksi harus dijaga kelembabannya dan jangan dibiarkan lama basah oleh keringat, jangan memakai pakaian terlalu ketat, sering ganti pakaian jika sudah terasa basah oleh keringat, dan BOLEH juga pakai bedak untuk menyerap keringat. Kedua, oleskan obat jamur secara teratur. Obat jamur ini cukup dioleskan 3 kali sehari setelah mandi. Jika infeksi sudah parah, maka perlu minum obat jamur sehingga infeksi bisa terobati dari dalam. Pengobatan infeksi jamur kulit ini cukup lama, minimal 2 minggu, sehingga memerlukan ketelatenan dan perhatian khusus.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan spesialis kulit untuk terapi lebih lanjut apabila keluhan masih mengganggu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

0 Komentar

Belum ada komentar