Sukses

Pertanyaan - #162458

21 May 2017, 10:54 WIB
Wanita, 25 tahun.

Slmat mlm dok? Saya pnya keluhan ni dok, klo saya buang air kecil sakit di bawah perut sebelah kanan udh 3 hari ini Tp klo kncing lancar dok, Memng aku udh pernah operasi usus bntu thn 2013 silam dok.. Apa ada hubngannya dgn operasi itu atau ada pnyakit lain dok ? Trus gmn cara mngatasinya dok ?

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri pada perut bawah yang nyeri melalui fitur Tanya Dokter.

Keluhannya adalah buang air kecil yang nyeri disertai dengan perut sebelah kanan yang nyeri. Apakah buang air kecil tersebut disadari atau tidak disadari? Berapa banyak buang air kecil dalam sehari? Bagaimana konsumsi cairan? Apakah termasuk banyak minum? Apakah urin disertai pasir atau darah?

Buang air kecil yang sering pada wanita, dapat disebabkan oleh beberapa hal:

1. Infeksi saluran kemih. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak lampias, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit.

2. Diabetes. Gejala khas diabetes adalah banyak buang air kecil, sering haus dan sering lapar.

3. Gangguan pada persarafan. Gangguan pada persarafan kandung kemih dapat menyebabkan gangguan buang air kecil. Hal ini biasanya terjadi pada pasien dengan riwayat stroke.

4. Overactive Bladder (OAB). OAB ditandai dengan berkemih minimal 3x dalam semalam dan jumlah berkemih mencapai minimal 8x/hari, urinary urgency (keinginan untuk segera berkemih), dan urinary incontinence (tidak dapat menahan berkemih). OAB sendiri memang lebih sering terjadi pada wanita. Faktor risikonya adalah sering melahirkan dan berat badan berlebih.

5. Mioma Uteri. Adanya mioma dalam rahim dengan ukuran yang cukup besar dapat menyebabkan tekanan ke kandung kemih sehingga seringkali menyebabkan keluhan sering kencing atau tidak dapat menahan kencing.


Untuk rasa nyeri perut yang dirasakan, bagaimana sifat rasa sakit yang Anda rasakan? Apakah nyeri tumpul, nyeri tajam, berdenyut? Apakah rasa sakit menjalar ke daerah pinggang, ataukah rasa sakit di pinggang berbeda dengan rasa sait di bawah pusar? Kapan saja rasa sakit muncul? Apakah sudah mengkonsumsi obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit? Bagaimana hasilnya? Apakah ada keluhan dengan buang air besar dan buang air kecil?

Diperlukan lebih banyak informasi untuk digali untuk mengetahui diagnosis dari kondisi kesehatan Anda. Kemungkinan keluhan Anda melibatkan saluran cerna atau saluran kemih. Diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan. 

Untuk mengetahui penyebab keluhan, diperlukan beberapa pemeriksaan tambahan. Pemeriksaan yang dapat dilakukan umumnya adalah analisis urin, analisis berkemih, dan USG. Sebaiknya, pacar Anda mengunjungi dokter spesialis urologi atau dokter spesialis kebidanan untuk evaluasi menyeluruh segera agar dapat memperoleh penanganan tepat segera.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar nyeri perut bawah. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar