Sukses

Pertanyaan - #162455

21 May 2017, 10:37 WIB
Pria, 36 tahun.

Dokter..sy mau tanya..ada teman sy..menurut pemeriksaan terakhir dia menderita lipoma n hrs dioperasi..lipomanya terdapat di bagian pinggang kanan..tp dioperasinya di bagian punggung hampir dekat di bagian tulang tengah..jauh dari lipomanya..setelah dioperasi dokternya tdk menemukn lipoma..mungkin krn salah letak..sy mau bertanya menurut dokter,apa yg diderita teman sy? Sy pegang bagian pinggangnya mmg keraa dibanding pinggang satunya..lalu apa boleh ada operasi lagi dgn beda sekitar 6 hari? Ini katanya diopersi di pinggang yg keras itu..mohon bantuannya Dok..Thanka..

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah menggunakan layanan tanya dokter dengan topik lipoma di KlikDokter.com.

Sebenarnya sangat sulit bagi Kami untuk membantu memperkirakan diagnosa pada keluhan Anda. Karena penyakit kulit perlu perabaan dan penglihatan langsung untuk diagnosa pasti. Tapi keluhan Anda mengarah ke Lipoma.

Riwayat operasi 6 hari yang lalu bukanlah penghalang untuk dilakukannya operasi ulang. Apabila dokter Anda mengizinkan, Anda dapat melakukan operasi dalam waktu yang singkat ini karena operasi lipoma adalah operasi yang kecil .

Lipoma sebenarnya merupakan tumor jinak. Penyebab lipoma hingga kini belum diketahui. Lipoma cenderung terjadi menurun dalam keluarga, sehingga diperkirakan terdapat keterlibatan genetik pada lipoma.

Pada dasarnya lipoma tidak memerlukan tindakan apapun, kecuali untuk alasan kosmetik atau pembesaran benjolan telah menimbulkan keluhan nyeri dan mengganggu pergerakan. Hingga kini belum ada obat yang dapat menghambat pertumbuhan lipoma. Tindakan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan benjolan lipoma adalah dengan operasi pengangkatan lipoma. Operasi dapat dilakukan dengan bius lokal, jika dokter sudah benar-benar yakin bahwa benjolan memang benar-benar lipoma yang tergolong dalam tumor jinak.

Untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter bedah atau dokter kulit.

Demikian informasi ini kami sampaikan tentang lipoma ini.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar