Sukses

Pertanyaan - #162453

21 May 2017, 10:27 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya hamil 7 bln tadi saya kencing warnanya merah terus ada gumpalan darah ukurannya kayak krikil kecil gitu tpi perut tdk sakit gimana solusinya dok

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar kencing bewarna merah dengan gumpalan darah melalui fitur Tanya Dokter.
 

Air kencing yang berwarna merah dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah adanya kandungan darah dalam kencing, atau kandungan kimia lain dari apa yang Anda minum atau makan (misalnya obat-obatan) yang dapat mengubah warna air kencing Anda menjadi merah.

Mengingat bahwa Anda sudah menemui dokter sebelumnya, apakah Anda melakukan pemeriksaan urin yang Anda sebutkan saat kencing Anda berwarna merah? Apa yang ditemukan dalam pemeriksaan tersebut?

Apabila saat kencing Anda berwarna merah ditemukan sel darah merah, berarti terdapat kondisi yang menyebabkan darah dapat keluar dalam kencing. Hal-hal yang dapat menyebabkan kondisi ini berupa:

Infeksi saluran kencing. Dalam infeksi pada umumnya terdapat demam dan nyeri saat kencing.
Infeksi ginjal. Sama halnya dengan infeksi saluran kencing, infeksi pada umumnya akan disertai demam.
Batu ginjal atau saluran kencing. Terkadang batu ginjal atau saluran kencing dapat sangat kecil sehingga meskipun menyebabkan perlukaan tetapi tidak ada gejala nyeri sesudah batu tersebut keluar.
Anemia sel sabit. Anemia sel sabit pada umumnya akan terdeteksi dengan tes darah. Kondisi ini pun sifatnya herediter.
Trauma ginjal. Trauma berupa cedera atau kecelakaan yang mencederai ginjal dapat menyebabkan darah keluar dalam urin.
Obat-obatan. Obat-obatan seperti aspirin apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan perlukaan lambung dan menyebabkan darah keluar dalam urin.
Olahraga berat. Olahraga dengan intensitas berat dapat menyebabkan rhabdomiolisis dimana serabut otot mengalami stres berat sehingga menyebabkan sel darah merah keluar dalam urin.

Apakah semua kondisi di atas sudah disingkarkan sebelumnya? Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda, khususnya yang mengetahui hasil tes urin, darah dan USG yang telah Anda lakukan untuk menyingkirkan segala kemungkinan.


Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar kencing bewarna merah in. Semoga bermanfaat

    0 Komentar

    Belum ada komentar