Sukses

Usia Berapakah yang Tepat Untuk Memulai Kehamilan ?

20 May 2017, 11:10 WIB
Pria, 22 tahun.

Begini dok, jika setelah menikah lebih baik menunda kehamilan atau mempercepat kehamilan?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar merencanakan kehamilan. melalui fitur Tanya Dokter. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda.

Usia pasangan baik dari sisi pria maupun wanita sangatlah berpengaruh terhadap kehamilan, terutama janin yang akan menjadi bayi nantinya. Berdasarkan keilmuan, usia yang terlalu muda( 12-17 tahun ) untuk memulai kehamilan, berisiko lebih tinggi terjadi kelainan pada janin. Begitu juga dengan usia yang terlalu tua (>40 tahun) berisiko terjadinya kelainan terhadap janin. Untuk itu, lebih baik anda berdiskusi kembali dengan pasangan anda, apakah siap untuk memulai kehamilan atau mempunyai anak, dan apabila masih belum yakin, anda dapat berkonsultasi dengan psikolog di bidang konseling pranikah.  

  • Mempersiapkan kehamilan dengan baik

Untuk memiliki anak yang sehat dan cerdas, persiapan kehamilan perlu dilakukan dengan baik. Nah, konseling pranikah bisa membantu untuk mewujudkan hal ini.

Pasalnya, pembahasan konseling pranikah itu sendiri mencakup kapan waktu yang tepat untuk hamil, langkah-langkah dalam mempersiapkan kehamilan, selama kehamilan, hingga menjelang persalinan. Selain itu, edukasi mengenai pola hidup yang baik –seperti nutrisi, kebersihan, aktivitas fisik, dan istirahat– juga dapat didapatkan dari konseling pranikah.

  • Perencanaan keluarga yang matang

Ini meliputi rencana jumlah anak yang disarankan, jarak kehamilan aman, keuangan, tempat tinggal, lingkungan, serta rencana pendidikan anak nantinya. Dengan persiapan matang akan hal tersebut, pasangan suami istri akan memiliki keluarga dan anak-anak yang berkualitas, dengan masa depan yang gemilang.


Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar merencanakan kehamilan , Semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar