Sukses

Berat Badan Anda Sulit Naik? Simak Tips -Tips Berikut

19 May 2017, 18:24 WIB
Wanita, 21 tahun.

saya punya keluhan tidak bisa gemuk dok padahal saya sudah coba berbagai cara dr minum susu . obat penambah gemuk . makan pun udah banyak juga minum jamu tapi tetep aja badan kurus malah tiap hari temen" bilang "tambah kurus aja" kan sedih dok . gimana caranya ? apa harus konsultasi soal gen ? bagaimana solusinya? trima kasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar cara menaikkan berat badan melalui fitur tanya dokter.

Untuk dapat menambah berat badan, perlu diketahui bahwa jumlah asupan anda harus melebihi energi yang anda buang. Apabila energi yang anda keluarkan lebih banyak daripada asupan, maka berat badan anda tidak dapat naik. Kesulitan menaikkan berat badan dapat dipengaruhi juga oleh metabolisme yang terlalu tinggi, hal ini dapat dipengaruhi oleh genetik. Penyebab lainnya adalah terdapat infeksi, atau peradangan pada tubuh anda, sehingga mengakibatkan berat badan sulit naik. 

Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menaikkan berat badan :

  1. Saya menyarankan untuk tidak mengkonsumsi sembarang jamu untuk penambah berat badan, karena kandungan didalamnya tidak diketahui.
  2. Meningkatkan konsumsi karbohidrat sebagai sumber kalori terbesar(Nasi, Kentang, Roti, Ubi). Semakin besar kalori dalam asupan anda, maka yang tersisa akan disimpan dalam tubuh sehingga menaikkan berat badan.
  3. Makan yang teratur ( 3 kali makan besar, pagi siang malam, dan diselingi dengan 2 snack ringan seperti buah atau susu; susu yang disarankan adalah susu full cream .
  4. Tidur malam yang cukup, minimal 6-8 jam, agar metabolisme dan hormon pertumbuhan anda dapat bekerja dengan optimal.
  5. Hindari aktifitas yang terlalu berlebihan agar pengeluaran energi anda tidak lebih besar dari asupan yang ada terima.

Apabila anda sudah melakukan langkah-langkah diatas dalam 1 bulan ini tanpa ada perubahan, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesilias gizi klinis agar dapat dibuatkan perencanaan nutrisi yang cocok bagi anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar cara menaikkan berat badan,  Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar