Sukses

Pertanyaan - #162432

19 May 2017, 21:46 WIB
Pria, 56 tahun.

Mengatasi patah fibula, setelah operasi membutuhkan waktu berapa lama untuk recovery, sampai kembali normal, Thank you

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar waktu penyembuhan fraktur fibula melalui fitur Tanya Dokter.

Ada empat tahap pemulihan patah tulang. Secara keseluruhan waktu penyembuhannya bervariasi bergantung pada jenis tulang dan pendarahannya. Union termasuk dalam fase ketiga. Hal ini dapat diketahui secara radiologis melalui roentgen tulang yang mengalami fraktur (patah tulang). Biasanya dibutuhkan waktu sekitar satu hingga beberapa bulan untuk mencapai keadaan ini. Selain penyembuhan secara radiologis, juga dibutuhkan penilaian klinis yang biasanya dilakukan setelah 2-3 minggu terbentuknya union.

Pada kasus fraktur metatarsal, bila tidak terjadi dislokasi, dilakukan pemasangan gips sirkuler yang dipertahankan selama 4-6 minggu. Mobilisasi dini memang diperlukan untuk pembentukan tulang, namun setelah dipastikan telah unionpun Anda tidak disarankan untuk segera berjalan, karena tulang tersebut termasuk penopang beban tubuh. Anda disarankan untuk tetap memakai tongkat selama 2-3 minggu, untuk kemudian dilakukan penilaian kembali secara klinis. Biasanya setelah 2-3 minggu ini Anda dapat berjalan kembali tanpa tongkat.

Mengenai suplemen kalsium. Seperti hal lain, sesuatu yang awalnya bermanfaat bila dikonsumsi berlebihan juga memiliki dampak negatif. Begitupun dengan kalsium. Mineral ini memiliki manfaat bila dikonsumsi secara cukup. Kekurangan ataupun kelebihan kalsium dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal dengan mekanisme yang berbeda.

Kalsium juga berperan dalam pembentukan tulang. Hal ini baik untuk membantu penyembuhan patah tulang, namun seperti yang Anda katakan, kelebihan asupan kalsium juga dapat menyebabkan pengapuran tulang. Keadaan ini biasanya tidak menimbulkan keluhan, tetapi bila mengganggu pergerakan tulang atau meradang akan terasa sangat nyeri. Demikian penjelasan Saya. Semoga dapat membantu.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar penyembuhan fraktur ini. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar