Sukses

Pertanyaan - #162429

19 May 2017, 20:51 WIB
Pria, 25 tahun.

penyakit saya ini seperti jerawat dok. dan sudah 6 thn lbh tidak berkurang . sudah konsul di rumah sakit umum di daerah saya dokter bilang tidak ada obatnya . ada yang bilang seperti penyakit kista sebaceus tp benjolanya banyak di leher , pipi dan samping mata. dan ada pula yang bilang TB kulit. ayah saya juga ada tp tidak sebanyak saya. penyakit ini di bawah kulit jadi tidak bisa keluar. saya ingin tahu penyakit apa ini? tp tidak bisa melampirkan foto pada pertanyaan ini. dan apa bisa di obati dok? saya hanya ingin wajah saya saja minimal yang bersih . . penyakit ini hanya mengurangi ke-PDan saya . ty dok.

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya tentang masalah benjolan di leher ini,

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Namun banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher yang berbentuk seperti jerawat ini. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis
bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
sebab lain (jarang)
Apakah teman Anda ada gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Bila memang baru tumbuh, tidak keras, atau tidak nyeri kemungkinan besar benjolan tersebut tidak ganas namun untuk membedakannya kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter , dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak atau disebabkan karena masalah tiroid atau bukan.

Oleh karena itu kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk memeriksakan benjolan di leher Anda, karena tanpa diperiksa tidak dapat mengetahui benjolan tersebut berbahaya atau tidak.

Demikian informasi yang kami sampaikan tentang benjolan yang muncul di leher ini. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar