Sukses

Masa Jendela HIV

19 May 2017, 15:36 WIB
Pria, 19 tahun.

dok, saya melakukan resiko 2 Oktober 2016, dan 25 desember 2016 kemungkinan resiko (oral dengan saya sariawan). Saya baru tes HIV di Puskesmas 15 Mei 2017 kemaren hasilnya non reaktif. Selama Januari-Mei ini saya tidak melakukan hubungan seksual apapun. Dari konselor Puskesmas, saya diharuskan tes ulang 3 bulan kemudian (Agustus 2017 nanti). Apakah tes saya 15/5 itu masih dalam masa jendela? Berapa masa jendela yang akurat, 3 bulan atau 6 bulan?

Terima kasih telah bertanya tentang masa jendela HIV melalui fitur Tanya Dokter

Window period atau masa jendela adalah rentang waktu antara paparan terhadap virus HIV dengan waktu dimana pemeriksaan penunjang dapat mendeteksi virus HIV. Lama window periode adalah sekitar 3 minggu - 12 minggu, namun pada umumnya pemeriksaan dilakukan setelah 3 bulan paparan agar hasilnya lebih akurat. Selama window period, seseorang dapat terinfeksi virus HIV dan dapat menularkan pada orang lain sekalipun hasil tes HIV nya negatif.

Jika seseorang memiliki hasil HIV negatif dalam 3 bulan setelah paparan terhadap virus HIV, maka orang tersebut tidak membutuhkan pemeriksaan lanjutan. Namun, Jika seseorang tersebut terpapar lagi virus HIV dalam periode 3 bulan, maka diperlukan pemeriksaan ulang.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan terkait masa jendela HIV. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar