Sukses

Menghitung Usia Kandungan

19 May 2017, 15:36 WIB
Wanita, 22 tahun.

Assalamualaikum dok.. Pertanyaan saya belum ada di jawab dok?? Saya menstruasi terakhir tanggal 20 maret 2017, pada tanggal 14 mei kemarin saya tp hasil positif dok, siklus haid saya 40 hari dok. Tadi pagi tanggal 16 mei 2017 saya terpeleset dok, dengan posisi terduduk, pinggang kiri saya terbentur batu sampai lebam. Saya tidak mengalami perdarahan atau flek. Perut saya juga tidak terasa sakit dok. Hanya pinggang sebelah kiri saja yg sakit karna terbentur itu. Pertanyaan saya dok: 1. Sampai hari ini berapa usia kehamilan saya dok ? 2. Apakah janin saya baik2 saja dok? 3. Apa dampak dari terpeleset nya saya terhadap janin saya dok? Terima kasih dokter.

Terima kasih telah bertanya tentang menghitung usia kandungan melalui fitur Tanya Dokter.

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan, salah satunya adalah dengan melakukan perhitungan menurut HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila sang wanita hamil memiliki siklus menstruasi teratur dan normal yaitu sekitar 28 hari. Apabila siklus menstruasi Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid. Namun perlu diketahui bahwa pada seorang perempuan yang memiliki siklus haid teratur, pada 10-14 hari pertama haid hormon reproduksi bekerja mematangkan sel telur hingga siap dilepaskan dari kandung telur (disebut juga ovulasi). Dengan demikian pembuahan baru mungkin terjadi setelah proses ovulasi tersebut hingga datang masa haid berikutnya. Atau dengan kata lain awal kehamilan yang sebenarnya baru dimulai sekitar 10-14 hari pertama setelah HPHT. Berdasarkan HPHT, usia kehamilan Anda kurang lebih 8 minggu.

Lazim adanya apabila metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama menstruasi terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan dapat dilihat kondisi janin Anda jika memang terbukti terjadi kehamilan.

Terkait kondisi kehamilan setelah Anda terpeleset, sulit bagi kami untuk memastikannya. Diperlukan pemeriksaan langsung dan jika diperlukan USG untuk benar- benar memantau kondisi janin.  

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait menghitung usia kandungan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar