Sukses

Kesehatan Ginjal dan Efek Samping Obat Terhadap Ginjal

19 May 2017, 14:37 WIB
Pria, 48 tahun.

Pagi dok mau tanya sy merasa napas saya berat dan kaki saya bengkak setelah saya berobat dikasih dokter obat caloa500mg dan asam polat namun sy ragu minum obat tersebut karena saya sakit asam urat dan batu ginjal sy takut klw konsumsi obat tersebut asam urat sy meningkat dan terjadi pembentukan batu ginjal tlng saranya sok. Klw ginjal sy bermasalah obat apa yg bagus dok apakah sy bisa minum obat herbal kidney care capsules Dan sekarang sy minum obat tb sdh 4bln dari dokter sampai sekarang terimakasih atas saranya dok

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar kesehatan ginjal dan asam urat melalui fitur tanya dokter. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda.

Sebelumnya saya perlu menanyakan apakah anda memiliki alergi terhadap obat sebelumnya ? dan obat apakah yang membuat anda alergi? apabila kandungan obat tersebut membuat alergi, sebaiknya jangan diminum. Asam folat bukanlah suatu obat seperti antibiotik ataupun anti radang, melainkan adalah vitamin dan tidak berpengaruh terhadap pembentukan asam urat dan batu ginjal. Untuk obat pertama yang anda sebutkan, maaf saya belum bisa menjawab karena mungkin penulisan obat yang anda sampaikan kurang tepat sehingga saya tidak mengetahui obat tersebut. 

Saya tidak bisa merekomendasikan ataupun untuk melarang anda mengkonsumsi obat herbal yang anda sampaikan dipertanyaan, namun ada baiknya anda berkonsultasi ke spesialis penyakit dalam berkenaan dengan riwayat meminum obat TB. Beberapa obat TB memiliki efek samping yang mengakibatkan penurunan fungsi ginjal apabila dikonsumsi lama.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar kesehatan ginjal dan asam urat ,Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar