Sukses

Anak Belum Bisa Berdiri, Harus Bagaimana?

19 May 2017, 14:55 WIB
Pria, 11 tahun.

Dok ank sy umr 11 bln blm bisa brdiri..hny merangkak.stlh skt pns btuk pilek 1 minggu kmdian utk mkn rewel pdhl menu stiap hri brgnti2,tektur kasasr spt nasi tim sll muntah.hny mau bubur saja..bgm ya dok solusinya

Terima kasih telah menanyakan tentang anak belum bisa berdiri melalui fitur Tanya Dokter.

Apa yang anak Anda alami masih normal. Terdapat empat aspek perkembangan yang dipantau: gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian. Berdiri dan berjalan termasuk ke dalam gerak kasar, sehingga pembahasan akan dibatasi hanya pada stimulasi gerak kasar yang dapat anda lakukan, antara lain:
(1). Dudukkan anak anda di tempat tidur, kemudian tarik ke posisi berdiri. Lakukan hal tersebut di atas meja, kursi atau tempat lainnya.
(2). Ketika anak anda telah mampu berdiri, letakkan mainan yang disukai di depannya dan jangan terlalu jauh. Buat agar bayi mau berjalan berpegangan pada ranjangnya atau perabot rumah tangga untuk mencapai mainan tersebut.
(3). Pegang kedua tangan anak anda dan buat agar ia mau melangkah.
(4). Ajak anak anda bermain bola. Gelindingkan bola ke arahnya dan usahakan agar ia menggelindingkan bola atau memukulnya kembali ke arah anda. Bola besar akan lebih mudah untuk bermain pertama kali. Berangsur-angsur bermain bola dengan berbagai ukuran, jangan gunakan bola yang terlalu kecil sehingga dapat ditelan dan menyebabkan tersedak. Jangan memakai balon.
(5). Jika anak anda sudah bisa berdiri, letakkan sebuah mainan di lantai. Ajak agar ia mau membungkuk dan mengambil mainan itu tanpa berpegangan. Mula-mula mungkin perlu dibantu.
(6). Bantu anak anda agar mau berjalan beberapa langkah tanpa berpegangan. Buat permainan seperti meminta anak berjalan ke pelukan anda untuk mendapatkan dekapan atau mainan yang disukainya. Beri pujian bila anak anda mau berjalan beberapa langkah. Bila belum siap berjalan, tunggu beberapa hari dan coba lagi.
(7). Tunjukkan kepada anak anda cara naik tangga dengan merangkak, kemudian biarkan ia menuruni tangga dengan melangkahkan kakinya. Gunakan tangga yang rendah dan jangan tinggalkan anak anda sendirian.
Dengan melakukan stimulasi di atas secara bertahap, diharapkan anak anda dapat mengejar perkembangannya yang sedikit tertinggal.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang anak belum bisa berdiri. Semoga dapat membantu.

 

0 Komentar

Belum ada komentar