Sukses

Obat Batuk untuk Bronkitis

19 May 2017, 14:55 WIB
Pria, 19 tahun.

halo dok saya mau tanya dosis yang dianjur kan oleh dokter untuk minum obat batuk bronkris itu berapa ???

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang obat batuk.

Pemberian obat batuk tergantung jenis batuknya seperti apa. Ada batuk kering dan ada batuk berdahak. Ada batuk yang hanya sesekali dan ada yang sering hingga sangat mengganggu aktivitas. Berikut adalah jenis-jenis dan kegunaannya.

1. Demulcent. Demulcent adalah sirup obat batuk yang dapat menekan batuk dengan membentuk lapisan perlindungan di depan tenggorokan. Zat aktif yang terkandung di dalamnya adalah sukrosa (gula) dan gliserol. Obat ini boleh diberikan pada anak-anak.
2. Mukolitik. Mukolitik adalah obat batuk yang membuat Anda lebih mudah mengeluarkan dahak dengan cara mengencerkan dahak. Obat ini banyak digunakan pada orang dengan bronkitis kronik atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Kandungan zat aktif berisi ambroksol, bromheksin atau asetilsistein. Obat-obatan yang mengandung bromheksin tidak boleh diberikan pada anak kurang dari 6 tahun.
3. Ekspektoran. Obat batuk golongan ini mengurangi kekentalan dahak di dalam saluran nafas, dan sering dipakai untuk batuk yang berdahak banyak (batuk produktif). Zat aktifnya ialah guaifenesin/gliseril guaiakolat, amonium klorida, amonia, senega, dan natrium sitrat.
4. Supresan. Obat batuk golongan ini bertujuan menekan refleks batuk. Biasa digunakan untuk batuk kering yang mengganggu. Obat-obatan ini menyebabkan kantuk, mual, muntah atau konstipasi. Zat aktifnya yang sering ditemukan ialah kodein dan dekstrometorfan. Oleh karena zat aktifnya tergolong obat keras, obat-obat ini tidak dijual bebas.

Demikian informasi kami sampaikan mengenai obat batuk. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar