Sukses

Rambut Rontok dan Kulit Kepala Gatal

19 May 2017, 14:10 WIB
Wanita, 21 tahun.

Permisi dokter saya mau nya, saya ada masalah di bagian kulit kepala sudah hampir 6 bulan . Terasa gatal ada ketombe padahal sudah keramas tiap hari tapi tetap gatal. Selain itu di kepala ada bintik merah bernanah yg menyebabkan rambut rontok dan botak. Itu penyakit apa ya dok ? Apa obatnya dan bagaimana cara mencegahnya? Terimakasih

Terima kasih telah menanyakan tentang rambut rontok dan kulit kepala gatal melalui fitur Tanya Dokter.

Keluhan rambut rontok dan kulit kepala gatal sangat mungkin disebabkan oleh infeksi jamur di kepala (tinea kapitis).

Tinea kapitis adalah infeksi jamur yang mengenai kulit kepala dan rambut. Jamur penyebabnya adalah jamur golongan dermatofita. Sedangkan dermatitis seboroik disebabkan jamur golongan non-dermatofita. Dermatofita adalah golongan jamur yang keratinofilik (menyukai keratin) dan menjadikan keratin sebagai sumber nutrisinya sehingga dapat berkoloni di jaringan yang mengalami keratinisasi. Gejalanya juga berbeda dengan dermatitis seboroik. Pada tinea kapitis biasanya lesi berbentuk bulat (botak) atau disebut bentuk gray patch ringworm. Terapinya pun berbeda. Pada umumnya kasus tinea diobati dengan obat griseofulvin oral ditambah anti jamur topikal.

Untuk memastikannya, perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Kami anjurkan Anda untuk mengunjungi dokter terdekat.

Demikian informasi tentang rambut rontok dan kulit kepala gatal. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar