Sukses

Gangguan Haid Karena Kista Endometriosis

19 May 2017, 14:10 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat pagi Dok, saya ingin bertanya, selama kurang lebih 4 tahun saya memang sering keluar flek diluar siklus mens tanpa rasa nyeri, dan kadang sakit perut saat hari pertama menstruasi, minggu kemarin saya periksa ke spesialis kandungan karena kembali keluar flek namun kali ini disertai dengan sedikit rasa nyeri, setelah di usg, ternyata ada kista dibagian kanan dengn ukuran 2,5 x 3 x 2,7 dan diberi obat satu obat nyeri dan satu obat yg diminum pada jam yg sama (saya kurang tau ini obat apa). utk obat nyeri memang tdk saya minum karena nyeri masih ringan dan tidak mengganggu aktivitas. kemarin tgl 14/5/17 (1 minggu setelah pemeriksaan pertama) saya kembali kontrol lagi ke dokter tersebut dan di usg kembali dengan hasil kista mengecil mjdi 1,8 x 2 x 2, dan diberi obat yang sama kembali utk 1 minggu kedepan. namun taid malam (setelah pulang dri kontrol keluar gumpalan darah, memang ini sudah mendekati tanggal mens saya, namun saya tunggu sampai pagi blm keluar darah mens nya. yg saya tanyakan apakah gumpalan darah tersebut efek dari kitsa? dan apakah kista dengan ukuran 1,8x2x2 dpt membuat nyeri perut bagian bawah? dan apakah mungkin terjadi kehamilan dengan kista tersebut? terimakasih dok,

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang kista endometriosis.

Ibu yang terhormat,

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Endometriosis atau yang disebut juga dengan Kista endometriosis memang mempunyai pengaruh terhadap kesuburan wanita dan terhadap siklus haid.

Namun, jika kista telah teratasi maka penderita masih mempunyai kesempatan untuk hamil.

Terapi endometriosis untuk tiap orang berbeda-beda,Terapinya tergantung pada keparahan penyakit dan kebutuhan pasien. Bersama dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang menangani anda dapat mendiskusikan pilihan terapi yang paling baik. Jika diagnosis dapat dilakukan secara cepat, saat kista masih berukuran kecil, mungkin tidak perlu dilakukan laparaskopi / pembedahan, hanya perlu dilakukan terapi hormonal. Sedangkan jika menunggu tanpa dilakukan terapi apapun, bisa saja kista tersebut semakin membesar dan pada akhirnya harus dilakukan operasi juga.

Kesuksesan terapi operasi pada penderita kista endometriosis dalam mengembalikan kesuburan tergantung pada keparahan penyakitnya. Pada penderita endometriosis ringan, terdapat kemungkinan hamil sebesar 75% dalam 1 tahun pertama setelah dilakukan operasi. Sementara kemungkinan untuk hamil akan menurun menjadi 60% pada penderita endometriosis yang sedang dan menjadi 35% pada penderita endometriosis yang berat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar