Sukses

Pengobatan TBC pada HIV Positif

19 May 2017, 12:50 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat malam dok saya mau tanya, ini adek sepupu saya terjangkit tbc dan harus tes darah dan hasil tes daranya positif hiv. Bagaimana cara penyembuhan dua penyakit itu dok? Terima kasih

Terimakasih telah bertanya seputar infeksi TB dan HIV melalui fitur Tanya Dokter.

Kami turut prihatin akan kondisi yang menimpa sepupu Anda.

Infeksi TB sering menyertai orang yang terinfeksi HIV dikarena kekebalan tubuhnya menurun. Untuk pengobatannya diperlukan konsultasi yang intensif dengan dokter penyakit dalam yang ahli menangani HIV. Anda dapat menemukannya di rumah sakit pusat rujukan nasional. 

Yang perlu ditangani saat ini ialah TBCnya terlebih dahulu. Pasien akan diberikan obat anti TBC minimal selama 6 bulan, tergantung jenis TBC nya TBC yang baru pertama kali terdiagnosis atau TBC kambuh. TBC kambuh memerlukan pengobatan lebih lama (minimal 9 bulan).

Sedangkan pengobatan HIV dapat ditunda hingga terdapat perbaikan dari gejala TBC (biasanya hingga pengobatan TBC telah berjalan selama 2 bulan). Pengobatan HIV dengan meminum obat antiretroviral (ARV) yang tersedia di pusat-pusat pelayanan terpadu HIV.

Kedua pengobatan ini, baik TBC maupun HIV didukung oleh pemerintah dan sepupu Anda bisa mendapatkan obatnya secara gratis.

Untuk pengobatan HIV perlu dikonsumsi seumur hidup. Namun jangan takut karena sekarang perkembangan virus HIV bisa ditekan dengan konsumsi ARV.

Saran kami, segera kunjungi rumah sakit yang memberikan pelayanan terpadu HIV.

Baca juga: Kisah Pria yang Hidup Sembilan Tahun dengan HIV

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar infeksi TB dan HIV. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar