Sukses

Batuk, Pilek, Radang Tenggorokan

19 May 2017, 13:01 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat Pagi, Dok. Saya ingin bertanya, saya sudah sakit batuk pilek sejak Kamis, 27 April 2017. Awal mulanya saya demam sampai suhu badan 38.4 derajat, tp demamnya cuma sampai 2 hari saja selebihnya udah ga lagi, saya udah cek ke dokter katanya kecapean saja makanya demam disertai radang, batuk dan pilek. Nah tapi batuk pileknya ga sembuh2 sampe sekarang, malah sekarang tiap malam pasti batuknya makin parah jadi sulit berenti gitu kalo udah batuk. Walaupun minum tapi cuma berenti sebentar, jadi bener2 ganggu waktu tidur. Udah ke dokter juga ga sembuh, uda 2 kali ganti dokter. Nah, udah sekitar 3 hari ini dada bagian bawah sebelah kiri sakit kalo batuk dan tenggorokan juga sakit, trus kalo batuk itu batuk kering, jadi berasa ada bau2 darah di mulut, tapi saya tiap buang ludah gaasa darahnya. Kira2 kenapa ya, dok? Dan apa yang harus saya lakukan? Terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Batuk, Pilek, Radang Tenggorokan melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Namun pertama - tama kami perlu menanyakan beberapa hal seperti: sudah berapa lama Anda mengalami kondisi ini? Apakah keluhan Anda juga disertai dengan nyeri menelan? Apakah Anda mengalami demam? Apakah keluhan Anda juga disertai mual dan muntah?

Sayang sekali informasi yang Anda berikan sangatlah singkat sehingga sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis yang tepat. Selain itu dalam forum tanya jawab ini kami tidak dapat menginformasikan atau menyarankan obat apapun karena untuk menentukan penanganan suatu penyakit dibutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang secara langsung. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri langsung ke dokter.

Untuk sementara Anda dapat melakukan tips berikut ini:

Istirahat yang cukup. Dalam sehari, biasakan tidur selama 7-8 jam per hari karena tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbaharui sel-sel dan membangun kembali tenaga yang telah terkuras.

Mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, dan minum yang cukup. Cukupkan konsumsi zat gizi yang dibutuhkan tubuh, dengan melengkapi berbagai sumber zat gizi dalam menu Anda. Misalnya karbohidrat (nasi, mie, roti), protein (daging-dagingan, ikan, tahu dan tempe), lemak (daging, susu), vitamin dan mineral (buah-buahan, sayuran). Konsumsilah cairan dalam jumlah yang cukup, dan untuk kondisi yang sedang anda alami, meminum air hangat adalah langkah yang baik karena disamping membuat nyaman tenggorokan yang sedang radang, air hangat dapat mengurangi pembengkakan area tenggorokan.

Menghindari kondisi stres dan tekanan psikologis

Mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi suplemen seperti vitamin C cukup baik dilakukan dalam kondisi penurunan imun tubuh. Hal yang harus diperhatikan bahwa, sumber alami vitamin C (misalnya buah jeruk, mangga) tetaplah sumber vitamin C yang lebih diutamakan. Selain itu, seringkali vitamin C dalam suplemen memiliki kandungan yang terlalu besar dibanding yang dibutuhkan tubuh. Suplemen vitamin C kurang baik untuk dikonsumsi jangka panjang, lebih lanjut konsultasikan dulu kepada dokter Anda.

Untuk memberikan kenyamanan area tenggorokan dan mempercepat penyembuhan, dapat dibantu dengan menghisap-hisap tablet antiseptik yang dijual bebas. Sekali lagi, tablet hisap ini tidak untuk digunakan dalam jangka panjang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Batuk, Pilek, Radang Tenggorokan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar