Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Luka Karena Anal Seks

18 May 2017, 13:19 WIB
Pria, 23 tahun.

aslm doktr saya mw brtnya klo mgobati luka di dubur hbs brhubungn gmn

Terima kasih telah bertanya tentang luka karena anal seks menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bila hubungan seksual yang Anda lakukan antara anus-penis atau yang disebut anal seks maka hal tersebut bisa saja dikeluhkan.

Pasalnya, gesekan antara penis dan anus dapat menyebabkan iritasi di kedua organ yang ada, baik itu pada anus maupun di penis.

Sekilas mengenai anal seks, sebetulnya bukanlah merupakan cara yang baik untuk melakukan hubungan seksual. Karena banyak sekali bahaya yang dapat disebabkan. Anus merupakan tempat pembuangan sisa-sisa kotoran tubuh dimana di dalamnya terdapat banyak bakteri dan mikroorganisme penyebab penyakit.

Namun demikian, untuk menambah wawasan, berikut ini kami jelaskan risiko dari hubungan seks melalui anus atau anal seks:

1. Lubang anus tidak menghasilkan lubrikan seperti vagina, sehingga selain hanya akan merasakan nyeri sepanjang penetrasi di dubur, penetrasi ke dalam anus juga dapat menyebabkan luka pada anus.
2. Luka tersebut memungkinkan masuknya virus dan bakteri ke dalam pembuluh darah.
3. Bagian dalam anus tidak dilapisi kulit seperti bagian luar anus sehingga tidak ada yang memproteksi masuknya virus ataupun bakteri. Dengan demikian perilaku anal seks menjadi rentan terkena penyakit menular seperti HIV– AIDS,hepatitis, HPV dan lain-lain.Selain itu, otot di sekitar anus yang berbentuk cincin dapat menjadi longgar bila anal seks dilakukan berulang-ulang sehingga lambat laun, dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk menahan BAB (buang air besar)karena ototnya telah menjadi longgar.

Saat ini jika memang sudah terjadi luka, Luka memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka yang diperlukan bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll).

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Demikian penjelasan tentang luka karena anal seks ini Kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar