Sukses

Penyatuan Tulang Tidak Sempurna Setelah Cedera

19 May 2017, 09:49 WIB
Pria, 20 tahun.

Pagi dok, saya annas umur saya 20th ,dok saya mau bertanya, dulu sewaktu kecil kurang lebih usia 12th saya pernah terjatuh dan tulang siku kiri saya bergeser, saya di bawa orang tua saya ke pengobatan patah tulang tradisional namun selama tidak ada perkembangan, lalu kurang lebih 6bulan usai patah tulang saya baru melakukan tindakan operasi di salah satu RS ortopedi di solo , dokter ybs mengatakan tulang siku saya ada pecahan2 tulang kecil kecil (tidak banyak) , yg perlu di angkat lalu di pasangi peng external (berbentuk spt tusuk sate yg di tancapkan ke siku ) setelah pen di lepas dan saya melakukan fisio terapi selama setahun lebih kenapa sampai sekarang ini sudah 8th berlalu, tangan saya hanya dapat di tekuk (tidak maksimal) namun sama sekali tidak dapat di luruskan , saat di gerakan berbunyi kretek kretek dari tulang siku saya , dan tangan saya juga seperti tidak bertumbuh bahkan mengecil volume ototnya padahal saya aktif berolahraga saya ingin kembali normal lagi dok, apakah saya bisa menjalani operasi rekontruksi tulang lagi untuk mengembalikan fungsi siku lengan saya spt dulu lagi & kira2 berapa biayanya ya dok? Terimakasih dokter, saya tunggu jawabanya :)

Terimakasih telah bertanya seputar penyembuhan patah tulang yang tidak sempurna melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Yang Anda alami adalah malunion atau penyatuan tulang yang patah tidak sempurna akibat penanganan yang kurang tepat sebelumnya.

Mencermati riwayat cedera pergelangan tangan Anda, kami berasumsi bahwa patah tulang yang terjadi adalah patah tulang tertutup di mana tidak terdapat luka terbuka yang nampak di kulit. Untuk cedera seperti ini dukun patah tulang umumnya hanya melakukan pemijatan yang dimaksudkan untuk mengembalikan posisi tulang ke tempat semula. Namun seringkali yang dilakukan justru mengubah posisi dan membuat fragmen tulang yang patah tidak bisa menyatu dengan sempurna. Terlebih lagi karena banyak fragmen tulang kecil, itu perlu dibersihkan agar penyatuan sempurna.

Semuanya ini mengakibatkan fungsi sendi tidak normal dan gerakan menjadi terbatas, bahkan nyeri.

Satu-satunya cara untuk memperbaiki tulang yang malunion adalah dengan operasi terbuka.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter ortopedi untuk hal ini. Sebelumnya tangan Anda akan di rontgen terlebih dahulu untuk melihat kelainan yang terjadi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar penyembuhan patah tulang yang tidak sempurna. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar