Sukses

Apakah rontgen gigi itu sakit?

19 May 2017, 01:23 WIB
Pria, 20 tahun.

Halo dokter. Saya infin bertanya. Apakah rontgen pada gigi sakit ya dok? Sy pergi ke rs di daerah tangsel buat check digigi saya seperti ada daging tumbuh. Daging tumbuh tsb berasal dr gigi graham saya yg patah ( awalnya suka berdarah tiba tiba ) . Disaat ingin rontgen sy menanyakan suster nya sakit / tidaknya, si suster blg kalo sakit dan mungkin merasa mual. Saya lgsg tidak jd rontgen. Si suster tersebut memberi rujukan ke saya untuk ke rs di daerah bsd karena mereka memiliki alat rontgen bernama panoramic. Apakah sama saja akan terasa sakit atau tidak? Krn saya sangat phobia terhadap alat alat kedokteran. Dan hasil rontgen nantinya akan diberakan ke dokter gigi saya untuk dilihat apakah daginh tumbuh tersebut harus di cabut / tidak.

Terimakasih telah bertanya tentang Apakah rontgen gigi itu sakit? melalui fitur Tanya Dokter.

Foto rontgen/x-ray merupakan suatu bagian yang penting dalam bidang kedokteran gigi. Berbagai macam kasus atau keadaan yang dialami oleh seorang pasien gigi memerlukan foto rontgen/x-ray guna menegakkan diagnosa dan membantu dalam menentukan tindakan yang tepat.

Rontgen / X-ray ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai keadaan rongga mulut dan gigi dari seorang pasien terutama gambaran pada jaringan keras yaitu tulang dan gigi. Dengan menggunakan rontgen / x-ray, seorang dokter gigi juga dapat mendeteksi berbagai hal yang terkait dengan keadaan infeksi dalam rongga mulut dan sesegera mungkin mengambil tindakan agar penyakitnya tidak bertambah parah.

Keuntungan penggunaan rontgen / x-ray:

- Mendeteksi lubang pada gigi yang tidak dapat terdeteksi hanya melalui pemeriksaan klinis atau dilihat secara langsung.
- Dapat memantau perkembangan dan pertumbuhan gigi anak yang belum tumbuh keluar dan masih terdapat didalam tulang rahang pada pasien anak-anak.
- Mendeteksi adanya kelainan pada tulang rahang dan kelainan di dalam gusi.
- Mendeteksi adanya kelainan berupa tumor.
- Mendeteksi gigi yang tidak tumbuh secara sempurna/ gigi impaksi seperti ditemukan pada banyak kasus gigi graham bungsu.

Dalam kasus anda dimana gigi geraham bawah mengalami daging tumbuh / pulpa polip, maka memerlukan foto rontgen Periapikal menggunakan film rontgen yang akan diposisikan di sebelah dalam gigi yang bersangkutan, di antara lidah. Karena dibutuhkan gambaran radiologi sampai akar gigi, maka film rontgen tersebut perlu ditekan agak ke bawah menekan dasar mulut. Saat itulah akan terasa sedikit sakit dan mungkin bisa menyebabkan mual. Namun tidak perlu khawatir, karena proses ini hanya membutuhkan waktu 2-3 detik untuk menahan pada posisi tersebut. Cara menyiasatinya anda bisa tahan nafas, dan menahan pada posisi tersebut selama 2-3 detik. 

Sedangkan pada foto rontgen Panoramic tidak perlu menaruh film rontgen seperti cara pada rontgen Periapikal, harga juga lebih mahal, gunanya untuk mengambil gambaran radiologi seluruh gigi. Untuk perawatan kasus anda, cukup dibutuhkan rontgen Periapikal saja.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai Apakah rontgen gigi itu sakit?, semoga bermanfaat.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar