Sukses

Pertanyaan - #162420

18 May 2017, 16:05 WIB
Pria, 35 tahun.

Malam dok. Sy mau tanya mengenai keluhan sakit di perut bagian bawah, yg sering nyeri Apakah ini gejala penyakit mag ato ciri dari batu ginjal. Sy pernah usg untuk ginjal, hasilnya negatif tidak ada batu, tp sy masih tidak yakin, apakah dgn citiscan hasilnya akan lebih akurat. Langkah apa yg harus sy tempuh untuk mengobatinya. Trimakasih

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri perut bawah melalui fitur Tanya Dokter.

Sulit untuk memastikan penyebab nyeri perut bawah yang Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan langsung.

Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut bawah.Posisi perut bagian bawah terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, usus besar ataupun organ perkemihan.Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut bawah. Apabila disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan misalkan dapat terjadi IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau Inflammatory Bowel Disease (IBD).Sedangkan organ yang terletak di antara perut bawah dan paha terdiri dari ureter dan organ pencernaan (usus).Selain itu dapat juga karena ganggung berkemih, seperti infeksi yang sering menyebabkan nyeri perut bagian bawah.Apakah ada gangguan berkemih seperti nyeri kencing atau anyang-anyangan?

Namun, penyakit ini baru dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (X-ray tanpa kontras atau dengan kontras).

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik.

Pemeriksaan lanjutan CT scan memang paling akurat untuk mendeteksi masalah ini. Namun, penggunaan CT scan ini perlu dikonsultasikan ke dokter Anda untuk mendapatkan rekomendasi melakukannya

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Nyeri Perut Bagian Bawah. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,


 
Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar nyeri puert bawah. Semoga bermanfaat

    0 Komentar

    Belum ada komentar