Sukses

Stretchmark Karena Obat Kortikosteroid

18 May 2017, 11:51 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok saya mau tanya..saya mmpuyai istri yg sekarang bingung smua badan..sperti paha..pantat .dan betis muncul guratan stretmark..di akibat kan trlalu lama menkonsumsi obat penggemuk badan yg mengandung kortikosteroid...gimana ya dok cara untuk menghilangkan nya??apa kah stretmark yg d akibat kan obat ini bisa d obati???

Terima kasih telah bertanya mengenai stretchmark dan kortikosteroid melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Stretch mark umumnya disebabkan perubahan bentuk tubuh secara cepat, misalkan saat hamil atau penambahan BB drastis. Hal ini juga bisa disebabkan peningkatan kortisol tubuh. Cara terbaik untuk mengurangi efek samping  adalah dengan cara mengurangi dosis yang biasa diberikan secara bertahap yang tentunya pengurangan dosis ini harus dibawah pengawasan dokter. Oleh karena itu kami sarankan Anda untuk kembali ke dokter yang sebelumnya sudah melakukan pemeriksaan menyeluruh kepada Anda dan memberitahukan mengenai efek samping yang terjadi sehingga dapat dilakukan penyesuaian dosis obat sesuai dengan keluhan yang saat ini Anda rasakan. Karena saat ini dokter yang paling mengetahui riwayat, kondisi fisik dan perjalanan penyakit Anda adalah dokter tersebut.

Usaha untuk menghilangkan stretch mark sangat sulit untuk dilakukan karena pada dasarnya stretch mark terbentuk karena rusaknya elastisitas kulit, sehingga terbentuk garis-garis pada kulit. Karena secara anatomi kulit sudah mengalami kerusakan, maka stretch mark yang sudah terjadi tidak dapat dihilangkan 100%, namun hanya bisa diminimalisir dengan menggunakan krim secara teratur disertai dengan melakukan tindakan-tindakan medis.

Beberapa pilihan terapi untuk stretchmark diantaranya:

Krim tretinoin
Krim tretinoin memperbaiki stretch marks dengan meningkatkan pembentukan kolagen dan dapat membantu memperbaiki stretch marks yang usianya kurang dari 2-3 bulan dan masih berwarna kemerahan. Penggunaan krim tretinoin pada stretch marks yang berusia lebih dari 2-3 bulan tidak efektif. Namun, krim tretinoin tidak dapat digunakan pada Ibu hamil dan menyusui.
Terapi Laser
Penanganan dengan laser bertujuan untuk menstimulasi pembentukan kolagen, elastin atau melanin di kulit. Penggunaan tipe laser berbeda-beda bergantung dengan usia dan lokasi stretch marks serta warna kulit Ibu.
Mikrodermabrasi
Penanganan dengan mikrodermabrasi bertujuan untuk menghilangkan lapisan kulit yang paling luar dan memicu pertumbuhan lapisan kulit baru yang lebih elastis. Penanganan dengan mikrodermabrasi ini efektif untuk stretch marks yang usianya sudah lama.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai stretchmark dan kortikosteroid . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar