Sukses

Ruam Merah di Pipi Anak

18 May 2017, 13:09 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok,saya mau tanya anak saya umur 2bln awalnya pipi anak saya merah lalu berubah putih kaya panu gitu lama lama melebar setelah merahnya ilang jadi kaya kering lalu ngelupas jdi kaya panu saya gak tega liatnya dok, saya sempat berfikir apa karna saya ganti susu awalnya susunya bebelove lalu saya gnti bmt morinaga, saya periksa ke bidan katanya bukan karna alergi tapi kok lama2 kulit pipi saya kering lalu ngelupas jdi kaya panu , saya mau tanya itu kenapa ya dok, lalu saran dokter krim apa yg harus saya pakai

Terima kasih telah bertanya tentang ruam merah di pipi anak melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan mengenai kondisi anak Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan mengajukan beberapa pertanyaan. Apakah keluhan tersebut disertai dengan keluhan lain, seperti demam atau flu? Apakah sebelumnya anak Anda memiliki riwayat alergi?

Ruam merah dapat disebabkan oleh alergi. Dalam dunia medis kami menyebutnya dengan dermatitis atopik. Dermatitis atopik (DA) merupakan kelainan kulit yang sering terjadi pada bayi dan anak, yang biasa ditandai oleh rasa gatal, penyakit sering kambuh, dan distribusi lesi yang khas. Penyebab yang jelas dari DA belum diketahui, tetapi diduga berkaitan dengan faktor genetik dan lingkungan seperti:

  • Makanan. Hampir 40% bayi dan anak dengan dermatitis atopik sedang maupun berat mempunyai riwayat alergi terhadap makanan.
  • Alergen Hirup. Contohnya adalah tungau debu rumah, bulu binatang peliharaan, dan hamur atau ragweed di negara-negara dengan empat musim.
  • Infeksi Kulit. Penderita dengan dermatitis atopik mempunyai kecenderungan infeksi kulit oleh Staphylococcus aureus, virus dan jamur.

Dermatitis atopik tidak menular dan tidak mempengaruhi kesehatan tubuh pada umumnya. Meski demikian, beberapa keadaan dapat memperburuk dermatitis atopik yakni:

  • Stres emosional
  • Perubahan suhu atau kelembapan udara
  • Infeksi kulit oleh bakteri
  • Kontak dengan bahan pakaian yang bersifat iritan (terutama wol)

Apabila keluhan pada anak Anda terus berlanjut, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak agar dapat diketahui penyebab dan penanganan yang tepat atas keluhan pada anak Anda. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ruam merah di pipi. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar