Sukses

Takut Imunisasi karena Vaksin Haram?

18 May 2017, 08:51 WIB
Pria, 27 tahun.

Sore dok,saya mau tanya tentang imunisasi pada anak,soalnya saya perna mendengar kalau cairan yg di suntikkan ke pada anak itu terbuat dari bahan daging B2,sedangkan didalam islam itukan haram,bagaimana tanggapan dokter mengenai ini?soalnya saya jadi takut untuk membawa anak imunisasi. Terimakasih sebelumnya atas jawabannya.

Terima kasih telah bertanya tentang takut imunisasi karena vaksin haram melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Banyak isu yang beredar mengenai vaksin yang mengandung bahan yang haram, sehingga menimbulkan keraguan bagi para orang tua untuk membawa anak imunisasi. Pelru diketahui membuat vaksin berbeda dengan membuat puyer dimana semua obat ditumbuk jadi satu, kemudian diminum. Pembuatan vaksin melewati proses yang panjang. Enzim tripsin dari babi terlibat memang dalam salah satu prosesnya. Tetapi pada vaksin yang sudah jadi, enzim tersebut sudah tidak ditemukan lagi. 

Proses pembuatan vaksin dilakukan proses pencucian dan pengenceran sebanyak 67,5 milyar kali sampai akhirnya terbentuk vaksin murni yang diberikan kepada manusia. Di akhir proses, tak satupun bahan mengandung babi terdapat di dalamnya. Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah menyatakan bahwa vaksin yang beredar di Indonesia halal.

Oleh karena itu, kehalalan vaksin tidak perlu diragukan lagi. Secara medis dan agama, tak perlu ragu bahwa vaksin halal. Jadi, tetaplah mengantar anak ke dokter untuk menjalani imunisasi sesuai jadwal yang dianjurkan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai vaksinasi. Semoga bermanfaat dan menjawab kekhawatiran Anda. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar