Sukses

Mata Anak Merah dan Berair

18 May 2017, 08:51 WIB
Wanita, 33 tahun.

Selamat siang dokter, Mata anak saya yg sebelah kanan merah&suka keluar air mata. Jika dibandingkan dgn mata sebelah kiri jd lbh kecil&sipit. Kondisi ank saya saat ini lg flu. Tp yg saya khawatirkan adl matanya. Itu kenapa yah dok?dan apakah saya hrs segera periksa ke dokter mata anak atau konsultasi ke dokter anak dahulu. Ditunggu penjelasannya yah dok. Demikian dan terima kasih untuk penjelasannya. Salam, Imel

Terima kasih telah bertanya tentang mata merah dan berair melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan mata terasa perih dan berair. Idealnya diperlukan evaluasi lebih lanjut, termasuk pemeriksaan fisis langsung pada mata Anda untuk memastikan penyebabnya.

Sayang informasi yang anda berikan masih terbatas, namun bila ditanya mengenai kemungkinannya, saya menduga mata anda mengalami peradangan pada konjungtiva (konjungtivitis). Berdasarkan penyebabnya, konjungtivitis terbagi menjadi empat:
1. Konjungtivitis alergik
2. Konjuntivitis bakterial
3. Konjungtivitis viral
4. Konjuntivitis kimia

Pemilihan terapi yang sesuai bergantung pada penyebab keluhannya dan harus dilakukan dalam pengawasan dokter yang kompeten. Yang dapat anda lakukan adalah memperhatikan kebersihan mata anda:
- jangan menyentuh apalagi menggosok mata dengan kedua tangan anda
- cuci tangan yang bersih secara berkala
- cuci handuk anda setiap hari, dan jangan memakainya bersama orang lain
- hindari penggunaan kosmetik mata, terutama maskara
- bila anda pemakai lensa kontak, hindari penggunaannya sementara waktu
- beri kompres hangat pada mata yang terkena

Penggunaan tetes mata yang beredar tanpa resep akan efektif bila keluhan yang anda rasakan terjadi akibat reaksi alergik. Saran kami sebaiknya segera mengunjungi dokter spesialis mata untuk konsultasi lebih lanjut mengenai kondisi mata anak Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mata merah dan berair. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar