Sukses

Pengobatan Kanker Paru-Paru

18 May 2017, 00:37 WIB
Pria, 35 tahun.

Selamat sore Dok, Saya mau bertanya apakah bisa mengobati kanker paru bagi pasien yang gagal ginjal. Sebagai informasi, pasien sudah cuci darah selama +- 8 tahun dok. Mohon pencerahannya pak dok. Terima kasih,

Terima kasih telah bertanya seputar Kanker Paru menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Tubuh secara teratur memproduksi sel baru yang berguna untuk pertumbuhan serta untuk menggantikan sel yang rusak atau yang sakit. Secara normal, sel tumbuh dan berkembang dengan cara yang tetap. Namun, ada pula pertumbuhan yang tidak normal (tidak terkontrol) yang kemudian tampak menjadi “benjolan” yang disebut tumor.

Tumor terdiri dari tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak melewati batas jaringan, tumbuh lamban, bersimpai atau berselaput pembungkus sehingga mudah dioperasi dan diangkat. Sedang tumor ganas atau kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tumbuh cepat, tidak bersimpai, tumbuhnya menyusup ke bagian lain melalui pembuluh getah bening.

Karsinogenesis atau proses terjadinya kanker dimulai dengan perubahan sederhana yang sering kali berubah menjadi tumor jinak dan sebagian akhirnya menjadi tumor ganas atau kanker.


Pengobatan kanker yang umumnya diberikan adalah :

Pembedahan atau operasi
Kemoterapi (dengan obat – obatan)
Radioterapi (menggunakan sinar radiasi).

Untuk pemilihan jenis terapi yang sesuai dengan kondisi suami Anda diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Kami sarankan agar anda berkonsultasi pada dokter onkologi anda terkait terapi, terlebih gagal ginjal juga dapat memperburuk kondisi anda.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar