Sukses

Pertanyaan - #160395

17 May 2017, 21:44 WIB
Wanita, 23 tahun.

Malam dokter.. saya mau Tanya IBU saya punya diabetes dok sudah lama Terus akhir maret kmren ibuku rawat inap dok karena infeksi paru2 Dan 5hari sudah boleh pulang Dengan obat jalan Selama 6bulan.. kemudian 3hari kmren IBU saya panas, pusing Dan badannya anyep (dingin) semua dok. Kemudian besoknya ibu say periksa Dan katanya infeksi lambung dok Dan disuruh opname skrg ini. Pertanyaan saya 1) bagaimana proses penyembuhannya dok dg 3 penyakit itu (diabetes, infeksi paru, infeksi lambung) ? 2) apakah membutuhkan pengobatan lama dokter? 3) penyakit tersebut apakah parah dok? Saya benar2 takut dok saya sedih skrg lagi di Papua dok sedangkan Ibu saya di jawa :'(


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sepertinya ibu Anda menderita Tuberkulosis, karena memerlukan penyembuhan selama 6 bulan. Diabetes dan TB paru sama-sama merupakan penyakit kronis (berlangsung lama) dengan penyembuhan yang lama. karena itu kedua penyakit ini sama-sama dapat menurunkan imunitas (daya tahan tubuh) karena proses infeksi dari tb dalam waktu lama dan gangguan metabolisme gula darah pada diabetes. Kebanyakan orang yang diabetes karena memiliki pertahanan tubuh yang kurang karena proses penyakitnya, gampang terkena infeksi, salah satunya adalah tb paru.

Penanganan kedua penyakit ini harus saling berdampingan. Seperti yang Anda katakan bahwa Anda tidak patuh dalam pengobatan diabetes, proses infeksi tb pun akan sulit disembuhkan total dan dapat terjadi kekambuhan seperti yang Anda alami.

Saran kami adalah Anda berobat diabetes dan tb paru secara disiplin. Dan konsultasikan ke dokter Anda mengenai keluhan Anda. Bila tb paru terus berulang atau tidak kunjung sembuh, kemungkinan Anda resisten (kebal) terhadap pengobatan TB, dan perlu obat pengganti untuk TB yang resisten terhadap obat TB lini 1.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar