Sukses

Kaki Anak Mengalami Pembengkakan dan Nyeri

17 May 2017, 10:05 WIB
Pria, 24 tahun.

Pagi dokter.saya mau nanya dok..anak saya usia 3thn 2blan..dari kemarin entah kenapa kaki anak sya bengkak kemerahan dan panas bila di sentuh kata anak saya sangat sakit..dan suhu badan ny pun panas tidak ku jung turun dok..sya sbgai seorang ibu sangat khawatir..mohon penjelasan ny dok.apa yang dialami kaki anak kiri anak saya

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai bengkak kaki dan nyeri pada anak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami ketidaknyamanan yang Anda rasakan dan mohon maaf atas keterlambatan penjawaban. Bagaimana dengan kondisi anak Anda saat ini? 

Bengkak pada kaki yang disertai nyeri dan terasa panas, mengarahkan adanya infeksi pada jaringan lunak dibawah kulit yang disebut dengan selulitis bila bengkak terlihat merah dan tidak berbatas jelas, bisa disertai atau tanpa demam.

Selulitis merupakan infeksi pada lapisan kulit yang lebih dalam akibat bakteri streptokokus atau stafilokokus atau bakteri lainnya. Dalam kondisi normal kulit memiliki berbagai jenis bakteri, namun kondisi kulit yang utuh menjadi penghalang yang efektif untuk mencegah masuknya bakteri dan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Bila kulit robek, bakteri dapat masuk dan berkembangbiak sehingga menimbulkan infeksi dan peradangan.

Faktor resiko terjadinya selulitis:

Luka di kulit
Gigitan dan sengatan serangga, gigitan hewan, atau gigitan manusia
Pemakaian obat imunosupresan atau kortikosteroid
Setelah melakukan prosedur paru-paru, jantung, atau gigi
Pengobatannya dapat dengan antibiotik.

Dan bila selulitis menyerang tungkai, sebaiknya tungkai dibiarkan dalam posisi terangkat dan dikompres dingin untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan. Semoga saat ini keadaan anak Anda sudah semakin membaik. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai bengkak kaki dan nyeri, semoga informasi ini bermanfaat.

1 Komentar