Sukses

Penyebab Diplopia

16 May 2017, 23:14 WIB
Pria, 39 tahun.

dok,saya mau konfirmasi masalah mata.dengan melihat dari situs,sepertinya saya terkena Diplopia Binokular,bila melihat kedua mata pandangan ganda,dan terasa pusing sudah sy alami skitar udah 5 bulan semenjak saya di vonis oleh dokter penyakit saya Kelenjar TB, pada leher sebelah kanan.apa penyakit itu menjalar ke mata?..bila melihat suatu benda dengan kedua mata,terlihat menjadi dua/ganda,bila mata ditutup satu pandangan jadi terang..mohon penjelasan dari dokter.terima kasih.

Terima kasih telah menanyakan tentang diplopia melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang jenis diplopia.
Diplopia secara umum dibagi menjadi dua:

1. Diplopia Bonikular: penderita melihat objek dengan kedua mata dan kemudian objek menghilang apabila salah satu mata ditutup. Pada diplopia jenis ini, pergerakan otot bola mata juga terganggu sehingga sudut kedua mata tidak sinkron (bisa juga merupakan tahap awal mata juling). Penyebabnya yaitu kerusakan saraf otot bola mata karena stroke, diabetes, cedera kepala, tumor otak dan infeksi otak.

2. Diplopia Monokular: penglihatan ganda muncul saat salah satu mata ditutup atau terjadi pada satu mata. Biasa terjadi pada penderita astigmatisma, gangguan lengkung kornea, penderita katarak, dislokasi lensa mata, gangguan produksi air mata dan beberapa gangguan pada retina.

Pengobatan diplopia tergantung dari penyebab dasar yang menjadi pemicunya. Upaya pertama yang bisa dilakukan antara lain penggunaan kacamata sesuai ukuran, operasi pembedahan, dan terapi tanpa operasi yang berfungsi menyelaraskan mata serta merangsang jalur penglihatan ke otak yang tidak bekerja dengan baik. Kami menyarabkan agar Anda berkonsultasi dengan dokter mata untuk mendapatkan evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi tentang diplopia ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar