Sukses

Cara Mengatasi Abrasi Gigi

16 May 2017, 23:00 WIB
Wanita, 16 tahun.

Halo dok, akhir" ini saya agak sering mengalami gigi ngilu pada 1 taring kiri atas dan 1 gigi depan terkadang yg bawah taring kiri juga ikut ngilu sedikit dan ini trjadi pd mlm hari. Yg saya amati, ngilu ini terjadi ketika sy menggunakan pasta gigi pep**dent setelah sebelum nya menggunakan darli* dan close *p dan saya tdk pakai P. Gigi sensitive sblm nya. Apakah pasta gigi mempengaruhi hal ini? Terima kasih.

Terimakasih telah bertanya tentang cara mengatasi abrasi gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Pada dasarnya, abrasi gigi adalah kondisi hilangnya struktur email gigi akibat keausan mekanik yang disebabkan oleh adanya gesekan yang terlalu kuat dan terus menerus. Penyebab terjadinya abrasi gigi pun bermacam-macam. Salah satunya adalah kebiasaan buruk dalam merawat gigi. Proses abrasi berjalan lama dan lambat sampai timbul tanda serta gejalanya.

Ciri khas gigi Anda mengalami abrasi adalah terbentuknya lekuk V pada bagian daerah dekat gusi. Salah satu yang dirasakan bagi penderita abrasi gigi adalah gigi sensitif.

Banyak penyebab gigi mengalami abrasi:

- Menyikat gigi terlalu keras

- Kebiasaan menyikat gigi terlalu keras dan cara menggosok gigi yang salah dapat menyebabkan abrasi gigi. Tekanan yang keras dari bulu sikat yang terus menerus dan cara menyikat gigi dari kiri ke kanan atau tidak dari arah gusi ke gigi akan membuat kerusakan lapisan email gigi dan resesi gusi. Lakukan dengan metode sikat gigi Modifikasi Bass.
- Kawat gigi yang terlalu mencengkram. Kawat gigi atau cengkram pada gigi tiruan yang terlalu keras akan menimbulkan tekanan pada gigi ketika mengunyah makanan. Hal ini dapat merembet ke abrasi gigi yang parah dan bahkan kegoyangan gigi.
- Kebiasaan-kebiasaan tertentu. Ternyata ada kebiasaan tertentu yang dapat menyebabkan gigi menjadi abrasi seperti kebiasaan menggunakan tusuk gigi, kebiasaan menggigit benda-benda keras seperti pensil, kuku, pulpen atau pipa rokok.

Tapi jangan khawatir abrasi ini dapat dicegah dan dihindari, berikut beberapa caranya :

- Menghilangkan kebiasaan-kebiasan yang dapat mencetuskan terjadinya abrasi itu sendiri, seperti menghilangkan kebiasan menggigit benda keras.
- Pemilihan sikat gigi yang baik dan benar dan menerapkan cara menyikat gigi yang benar. Salah satu penyebab abrasi adalah menyikat gigi terlalu keras. Ini dapat dihindari dengan memilih sikat gigi dengan bulu sikat yang soft atau lembut agar tidak merusak lapisan gigi.

- Jika gigi sudah terlanjur rusak bisa dilakukan penambalan pada daerah yang sensitif dengan bahan tambal yang melepas Fluor.

- Gunakanlah pasta gigi khusus gigi sensitif yang tidak hanya mengurangi rasa ngilu, tetapi juga membantu menyelesaikan masalah sampai ke akarnya.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cara mengatasi abrasi gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar