Sukses

KB dan Berat Badan

16 May 2017, 22:49 WIB
Wanita, 23 tahun.

Maaf dr. Saya mau tanya,saya penderita hepatitis B,dan saya menggunakan kb implant atau lebih sering disebut susuk selama 1th. Saya juga mengalami kenaikan berat badan yg sangat banyak,yaitu hampir 15kg. Yang mau saya tanyakan.. Amankah untuk hepatitis b ???? Adakah cara aman agar berat badan saya tidak naik terus atau mungkin bisa kembali keberat badan saya sebelum memakai implant,meski saya terus memakai implant ???

Terima kasih telah bertanya mengenai penggunaan KB dan berat badan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Penggunaan KB hormonal (pil, suntik, susuk/implan) memang dapat memberikan efek samping seperti kenaikan berat badan, perdarahan yang tidak teratur, flek-flek dan juga bisa menyebabkan tidak mendapatkan haid. Hal tersebut merupakan hal yang wajar.

Memang memilih jenis kontrasepsi dapat memberi kesulitan tersendiri. Jika Anda tidak nyaman dengan efek samping dari kontrasepsi hormonal memang disarankan untuk menggunakan kontrasepsi non-hormonal seperti spiral, diafragma atau kondom. Pemasangan spiral bila dilakukan oleh tenaga medis terlatih maka Anda tidak perlu takut mengenai pemasangan spiral sebagai metode kontrasepsi. Namun bila Anda sudah cocok dan nyaman menggunakan KB susuk, untuk mengurangi efek samping kegemukan Anda dapat mengatur pola makan dan rajin berolah raga.

Untuk panduan informasi lengkap Anda, Anda dapat membaca artikel mengenai Serba-Serbi Metode Kontrasepsi di website KlikDokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penggunaan KB dan berat badan, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar