Sukses

Gondongan Saat Hamil

16 May 2017, 21:57 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok, saya lagi hamil 6 bulan dan mengalami pembengkakan di bawah telinga hingga leher yg biasa di sebut PAROTITIS. Pertanyaan saya apakah parotitis berbahaya untuk kehamilan dan bagaimana cara mengobatinya? Terimakasih.

Terimakasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang Parotitis atau gondongan saat hamil.


Parotitis, atau secara awam disebut gondongan, merupakan peradangan atau infeksi kelenjar ludah parotis. Kelenjar ini merupakan kelenjar ludah utama, dan terletak di sudut rahang bawah dan di bawah daun telinga. Jika membengkak, telinga akan terdorong ke atas.

Umumnya penyebab parotitis adalah karena virus atau bakteri. Virus paramyxovirus (mumps) sudah makin jarang ditemukan berkat diwajibkannya imunisasi MMR (Mumps, Measles, Rubella) pada anak. Sementara bakteri penyebab parotitis bakterial adalah Staphylococcus aureus. Ada juga virus lain yang menyebabkan parotitis, namun biasanya setelah beberapa hari akan sembuh sendiri.

Mumps merupakan parotitis yang mudah menular, sedangkan parotitis karena infeksi bakteri tidak menular (kecuali karena terpapar nanah/pus yang ada). Untuk membedakan penyebab parotitis dan pengobatan yang tepat, perlu berkonsultasi tatap muka dengan dokter. Karena untuk membedakan dan mengobatinya diperlukan pemeriksaan pada daerah yang bengkak serta beberapa pemeriksaan tambahan bila diperlukan.

Bila ibu hamil terkena parotitis pada trimester kedua dan tiga, hal ini pada umumnya tidak membahayakan janin. Namun infeksi ini dapat memicu persalinan prematur saat kehamilan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang gondongan saat hamil. Semoga membantu.

 

0 Komentar

Belum ada komentar