Sukses

Gigi Yang Ditambal Lalu Goyang Apa Boleh Dicabut?

16 May 2017, 22:09 WIB
Pria, 14 tahun.

Jika gigi yang pernah sakit dan tidak sakit lagi, kemudian ditambal permanen terus gigi tersebut goyang dan sakit sehingga mengganggu saat makan apakah gigi tersebut boleh dicabut?

Terimakasih telah bertanya tentang gigi yang ditambal lalu goyang apa boleh dicabut melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Berdasarkan pemaparan yang Anda berikan, kondisi gigi ini membutuhkan suatu perawatan yang disebut perawatan saluran akar gigi, Kami akan menjelaskan sedikit mengenai perawatan saluran akar gigi. Karies (lubang) pada gigi terjadi akibat infeksi bakteri, yang berakibat kerusakan gigi sedikit demi sedikit hingga lama kelamaan lubang semakin dalam. Dari yang dangkal sebatas enamel, makin dalam hingga mencapai dentin. Jika karies lebih dalam lagi dan sudah mencapai pulpa, tidak lagi dapat sekedar ditutup dengan bahan tambal. Sebelumnya, harus dilakukan perawatan saluran akar (endodontic treatment, atau root canal treatment). Saluran akar harus dibersihkan agar steril dan bebas dari infeksi kuman. Lalu saluran akar tersebut diisi dengan bahan pengisi saluran akar agar mencegah kontaminasi bakteri.

Kami sarankan untuk memeriksakan gigi anda ke dokter gigi agar perawatan saluran akar dapat segera dimulai. Pada tahap ini gigi tidak perlu buru-buru dicabut, namun sebaiknya dipertahankan agar dapat kembali berfungsi di dalam mulut.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi yang ditambal lalu goyang apa boleh dicabut, semoga bermanfaat.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar