Sukses

Dokter Gigi Umum Apa Bisa Merawat Kasus Maloklusi Ringan

16 May 2017, 21:40 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok, gigi saya mengalami maloklusi ringan, saya ingin mengatatasinya dengan kawat gigi cekat, apakah dokter gigi umum bisa merawat maloklusi ringan dengan behel cekat ataukah saya harus ke dokter gigi sp. Ort ?

Terimakasih telah bertanya tentang dokter gigi umum apa bisa merawat maloklusi ringan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Namun sebelum membahas langsung ke pertanyaan Anda, kami ingin sedikit menjelaskan bahwa perawatan orthodontic atau yang biasa disebut behel tidak dapat dilakukan secara sembarangan, semua prosedur ada standar operasionalnya. Ada beberapa cara untuk mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggeser gigi-gigi yang posisinya perlu diperbaiki, diantaranya adalah pencabutan gigi. Jadi tidak semua kasus memerlukan pencabutan, bergantung pada seberapa besar kebutuhan ruang dan tentunya dicabut/tidaknya gigi baru dapat diputuskan setelah dokter gigi melakukan serangkaian pemeriksaan.

Perlu kami ingatkan bahwa perawatan orthodontik idealnya dilakukan oleh dokter gigi spesialis orthodontik (Sp.Ort). Namun kini sudah banyak dokter gigi umum yang memiliki kompetensi untuk memasang kawat gigi, tetapi kasus yang boleh dikerjakan terbatas. Hanya sebatas maloklusi ringan yang melibatkan kelainan pada gigi bukan kelainan rahang. 

Keberhasilan perawatan cukup tinggi, bergantung pada diagnosa dan rencana perawatan.

Yang tak kalah penting adalah kerjasama dan kepatuhan pasien untuk datang kontrol sesuai dengan jadwal, karena kawat orthodontik akan bekerja dengan aktivasi kawat yang dilakukan kira-kira setiap 2 minggu, dan pada saat yang sama dokter gigi dapat memantau kemajuan perawatan, dan dapat memperbaiki posisi kawat yang mungkin tidak pada tempatnya sehingga menghindari resiko terjadinya luka pada jaringan lunak seperti sariawan. Semakin jarang pasien datang untuk kontrol maka perawatan dapat menjadi semakin lama.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai dokter gigi umum apa bisa merawat maloklusi ringan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar