Sukses

Perilaku Obsesif-Kompulsif

16 May 2017, 20:40 WIB
Wanita, 23 tahun.

Malam dok... Saya seorang ibu rumah tangga , anak laki laki usia 20bulan. Yang mau sy tanyakan/konsultasikan disini adalah. Gelaja apa yang saya idap ? 1. Saat di sekola dasar saya melihat teman saya menghapus papan tulis tapi ada beberapa bagian kapur putih yang tidak kehapus. Disitu sy merasa tangan gatel dan geregetan karna teman sy tidak menghapus dengan bersih papan tulis nya. Dan ketika jam pulang sekolah sy bersihkan sisa kapur yang blm kehapus tadi. 2.saya selalu ingin mengurutkan hal dari yang gelap-terang, a-z, kecil-besar atau sebaliknya 3.saya selalu membuat rencana sebelum memulai apapun. Besok step step yang harus dilakukan apa aja, dan ketika ada yang tidak sesuai rencana **meskipun hal sepele . Saya panik dan butuh menenangkan diri untuk kembali dari kepanikan. 4.saya selalu menghitung keramik/apapun dari arah kiri ke kanan , terus sebalik nya kanan ke kiri. Bawah ke atas , dan atas ke bawah. 5.saya selalu ingin membersihkan tempat yang acak2an atau gak rapih. Dan semua harus terlihat simetris . 6.cuci tangan terus meski tangan bersih. Harus pakai sabun, Tolong bantuan dan saran nya. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya mengenai perilaku obsesif-kompulsif menggunakan fitur Tanya Dokter.

Untuk menentukan penyebab dari hal yang Anda alami, masih dibutuhkan informasi lebih lanjut, seperti sejak kapan Anda mulai merasakan hal tersebut, apakah hal tersebut mengganggu keseharian Anda, dan sebagainya.

Bila mengganggu keseharian Anda, terdapat kemungkinan bahwa kondisi tersebut merupakan tanda dari obsessive-compulsive disorder (OCD), yang ditandai dengan kegelisahan seseorang untuk melakukan sesuatu dan bersifat impulsif, dimana si penderita menganggap setelah melakukan hal itu, kecemasannya akan berkurang. Namun, sangat penting untuk melakukan wawancara medis secara langsung sebelum menentukan diagnosis.

Penyebab OCD sampai hari ini belum diketahui, baik wanita maupun pria dapat terkena OCD. Bentuk tersering selain mengunci mobil berulang-ulang dapat kita lihat pada orang yang seringkali mencuci tangannya berulang kali meskipun ia tahu tangannya dalam keadaan bersih. Penderita OCD pada umumnya sadar bahwa mereka memiliki obsesi tertentu. OCD dapat diobati dengan obat-obat yang sifatnya menghilangkan kecemasan.

Maka dari itu, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa untuk berbagi mengenai hal-hal yang Anda rasa mengganggu, serta menentukan penyebab dari keluhan Anda dan penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perilaku obsesif-kompulsif, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar