Sukses

Anak Susah Makan

16 May 2017, 19:44 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok sy tnxa..anak saya usia 14bln..msh susah mkn..dan minum susu frmula...klo mkn srg dsembur...klo minum susu 2 sendok aja...udh g mw nerusin..gmn crnxa dok biar berat badannya cpt naik.bobotnya 87kg

Terima kasih telah bertanya tentang anak susah makan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai anak susah makan pasti sangat mengganggu Anda.

Berapakah berat badan dan tinggi badan anak Anda saat ini? Apakah sudah diperiksa dalam kurva? Bagaimana pertumbuhan dan perkembangannya sejauh ini? Bagaimana dengan aktivitas anak? Apakah anak Anda tergolong anak yang aktif? Bagaimana dengan jadwal makannya? Apakah anak sudah makan makanan utama (nasi, lauk, sayur) dengan jadwal yang teratur, 3x sehari, disertai camilan di sela-sela jadwal makan utama? Apakah anak mau makan makanan utama atau hanya makan makanan camilan saja?

Kebutuhan kalori anak dapat dipenuhi dengan porsi makan 3x sehari dan diberikan camilan seperti bubur kacang hijau, puding buah, kue. Dengan demikian kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi.

Saat berat badan anak kurang, yang bisa Anda lakukan adalah memberikan tambahan kalori yang tinggi namun yang mengandung nutrisi. Diet yang seimbang dapat mengikuti prinsip berikut ini:

  • Usahakan agar dasar dari makanan anak adalah karbohidrat jenis pati, seperti roti, pasta, nasi atau kentang
  • Dalam satu hari, anak harus mengonsumsi minimal lima porsi sayuran dan buah yang bervariasi. Misalnya, saat sarapan berikanlah pisang atau stroberi; saat makan siang bisa berikan wortel, tomat, atau brokoli, dan usahakan membawakan bekal untuk anak; saat sore hari Anda bisa berikan wortel atau pisang; dan waktu makan malam Anda bisa berikan sayuran lain seperti bayam
  • Pililah makanan yang mengandung protein dengan rendah lemak, seperti daging, ikan, telur, serta kacang
  • Sisipkan produk susu seperti susu, keju, dan yoghurt dalam diet anak Anda. Makanan jenis ini merupakan sumber protein dan kalsium yang tinggi
  • Makanan yang mengandung lemak tinggi atau gula tinggi hanya diberikan sedikit saja dan dikurangi
  • Hindari pemberian makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging yang diproses (chicken nugget, hamburger, dan lain-lain), serta kurangi pemberian kue-kue manis.
  • Hindari pemberian makanan dengan kandungan gula yang tinggi, seperti minuman bersoda, cokelat, sirup, dan kue.

Bila masih dirasakan sulit makan, kami menyarankan Anda untuk membawa buah hati ke dokter untuk pemeriksaan fisik lengkap. Mungkin terdapat masalah-masalah lain yang membutuhkan pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang.

Untuk panduan informasi lengkap Anda mengenai tumbuh kembang anak, Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang yang kami miliki.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai anak susah makan. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar