Sukses

Gangguan Haid Setelah Pemakaian KB Suntik

16 May 2017, 19:44 WIB
Wanita, 22 tahun.

hallo dokter.. saya mau tanya kenapa yah setelah pakai suntik kb yg 3 bln haid terus kata nya mesti 3 kali tapi sudah 3 kali suntik pun masih sama masih haid jg saya coba ganti yg ke suntik 1 bulan prtama suntik dpt haid 3 x tapi yang ke dua x suntik. saya malah haid terus dari pertama suntik itu.. bahkan sekarang saya sudah lepas kb selama 1 bln v blm ada perkembangan juga.. saya sudah berobat ke bidan di kasih obat buat pmberhentian darah nya v ga mau berhenti juga saya juga sudah pakai ramuan tradisional dg minum rebusan daun sirih.. kira" itu kenapa yah dok?? mohon penjelasannya... terima kasih..

Terima kasih telah bertanya tentang gangguan haid setelah pemakaian KB suntik melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai gangguan haid pasti sangat mengganggu Anda.

Suntik KB 3 bulan, berisikan hormon progestin yang disebut depo medroksiprogesteron Asetat (Depoprovera). Kontrasepsi jenis ini merupakan salah satu metode KB yang sangat efektif untuk mencegah kehamilan jangka panjang.

Namun, seperti metode KB lainnya, tentunya metode suntik KB 3 bulan juga memiliki keterbatasan, salah satunya adalah gangguan haid. Yang sering ditemukan adalah siklus haid yang memanjang / memendek, perdarahan yang banyak / sedikit, perdarahan tidak teratur / perdarahan bercak (spotting), atau bahkan tidak haid sama sekali (amenore). Jenis gangguan haid yang terjadi berbeda-beda tergantung respon hormonal masing-masing klien.

Dalam kasus anda, perdarahan haid yang terjadi terus-menerus dapat dicurigai sebagai efek samping dari penggunaan KB suntik 3 bulan tersebut.

Efek samping perdarahan ringan sering dijumpai, namun bukanlah masalah yang serius, dan umumnya tidak memerlukan pengobatan. Namun, bila yang Anda alami perdarahan dalam jumlah banyak setiap harinya hingga menyebabkan komplikasi anemia (pucat, lemah, letih, lesu), maka sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan terapi. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai gangguan haid setelah pemakaian KB suntik. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar