Sukses

Pertanyaan Seputar AKDR dan Haid

16 May 2017, 19:08 WIB
Wanita, 21 tahun.

Siang dok .. mau tanya wktu setelah merahirkan saya langsung KB spiral alat KB yg kaya huruf T .. nah smpe skrg saya gk dtg haid it bermasalah atau gak y.. tp ank ku bru 7 dn masih asi .. tolong di jawab y dok makasih

Terima kasih telah bertanya mengenai KB AKDR dan haid menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebenarnya istilah KB spiral kurang tepat digunakan karena KB spiral itu mengacu pada jenis KB yang bentuknya seperti spiral, dimana kini sudah tidak diproduksi lagi. Jenis KB yang saat ini menyerupai KB spiral- dimasukkan ke dalam rahim- adalah IUD (Intra Uterine Device) atau AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim).

Sekarang yang tersedia antara lain Copper T atau Nova T dengan kandungan tembaga. Ada juga yg terbaru IUS (Intra Uterine System) bentuknya mirip copper T tetapi zat aktifnya hormon. IUD merupakan salah satu jenis KB yang paling direkomendasikan oleh WHO, sangat murah dan efisien karena cukup sekali pemakaian yang dapat bertahan hingga 10 tahun, serta dilakukan oleh tenaga medis. Kedua jenis IUD tersebut, baik yang mengandung tembaga ataupun hormon progestin aman digunakan pada masa menyusui serta tidak mengganggu produksi serta kualitas ASI.

Efek samping pemakaian kontrasepsi spiral (IUD) yang paling sering terjadi adalah peningkatan volume darah menstruasi yang diikuti dengan dismenorea atau nyeri ketika menstruasi. Apakah Anda memakai IUD dengan hormon di dalamnya? Kandungan hormon di dalam IUD dapat menyebabkan perubahan siklus menstruasi. Apakah siklus menstruasi Anda sebelumnya teratur? Pemakaian IUD memang dapat merubah siklus menstruasi.

Selain itu, menyusui ASI eksklusif juga dapat menimbulkan amenorea (tidak haid), yang juga merupakan salah satu metode kontrasepsi yang disebut MAL (Metode Amenorea Laktasi).

Kami juga menyarankan Anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan, guna mendiskusikan pilihan yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai KB AKDR dan haid, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar