Sukses

Berat Badan dan Porsi Makan

16 May 2017, 18:58 WIB
Wanita, 13 tahun.

Dok mengapa orang yang kurus walau makan banyak tetap kurus,namun kenapa orang yang gemuk makan sedikit tetap gemuk?sekian dari pertanyaan saya..terima kasih dok

Terima kasih telah bertanya seputar berat badan dan faktor makanan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Berat badan tidak ideal merupakan masalah pada beberapa orang, badan yang telalu kurus/gemuk dapat menyebabkan gangguan kepercayaan diri. 

  • Bakat dari orang tua. Faktor keturunan merupakan hal yang sulit untuk dihindari. Pada beberapa orang yang memiliki orang tua bertubuh kurus maka akan sangat sulit untuk mendapatkan bentuk tubuh yang gemuk, begitu pula sebaliknya.
  • Jumlah asupan kalori tidak sesuai dengan kebutuhan kalori harian Anda. 
  • Metabolisme yang berlebihan, ini dapat disebabkan oleh gejala sakit hipertiroid (sakit pada kelenjar gondok), hipertiroid ini ditandai beberapa gejala seperti; tangan mudah berkeringat, berat badan yang tak kunjung naik walaupun makan dalam porsi cukup, jantung berdebar, dan mudah lelah. Metabolisme lambat pada penderita hipotiroid akan muncul gejala sebaliknya, dan berat badan akan cenderung naik. Berikutnya penyebab metabolisme berlebih/kurang pada seseorang ialah faktor keturunan (genetik). Jadi walaupun Anda mengonsumsi banyak kalori, namun karena metabolisme tubuh berlebih akibatnya seluruh zat makanan di'bakar' seluruhnya oleh tubuh,akibatnya tubuh kekurangan cadangan zat makanan untuk ditimbun, begitu pula sebaliknya
  • Penyakit, beberapa penyakit dapat menyebabkan tubuh menjadi sulit gemuk, selain hipertiroid, tuberkulosis (TB) paru, penyakit jantung bawaan dan penyakit keganasan juga dapat menyebabkan berat badan sulit naik. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar