Sukses

ingin Pasang Behel Bawa Bracket Sendiri Agar Biaya Lebih Murah

16 May 2017, 18:46 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok.. saya ingin pasang kawat gigi untuk ngeratakan gigi saya yang depan nya agak maju tpi biaya pasang kawat gigi itu kan mahal? Klu bawa braket sendiri gmna dok? _fitrilestari #13 mei 2017 balaikarangan kabupaten sanggau(kalimantan barat).

Terimakasih telah bertanya tentang ingin pasang behel bawa bracket sendiri agar biaya lebih murah melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya sedikit kami ingin menjelaskan mengenai perawatan kawat gigi atau behel. Alat orthodontik (yang umum dikenal sebagai behel) ada dua jenis yaitu yang lepasan dan cekat. Alat ortho lepasan dapat dilepas pasang sendiri oleh pasien, dan hanya dapat digunakan untuk merawat kasus ringan. Sedangkan alat ortho cekat tidak dapat dilepas pasang oleh pasien, biasanya waktu pemasangan lebih lama bergantung pada masing-masing kasus. Penentuan jenis mana yang dipakai bergantung pada pemeriksaan dokter gigi, setelah pemeriksaan hubungan gigi geligi atas dan bawah, pencetakan rahang dan pembuatan model rahang (dari gips) untuk analisa kebutuhan ruang, dan dari pemeriksaan foto rontgen. Foto rontgen yang dibutuhkan ada 2 yaitu panoramik dan cephalometri, untuk melihat apakah ada faktor skeletal (pertumbuhan tulang yang mempengaruhi.
Mengenai jenis-jenis bracket ada berbagai macam ada yang dari metal, ceramic, komposit dan dengan berbagai merk dan sistem/mekanisme kerja. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang lebih penting adalah pemilihan jenis kawat tersebut didasarkan pada pertimbangan sesuai dengan kasus dan tujuan perawatan.
Perlu diingat, perawatan orthodontik ada aturannya, tidak bisa sembarangan, ada standar operasionalnya. Tidak dapat dikatakan behel ada kriteria baik atau buruk, karena semua jenis memiliki fungsi masing-masing dan kembali lagi bergantung pada kasus masing-masing pasien. Namun tidak semua yang mahal berarti lebih baik. Selain itu ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter gigi spesialis orthodontik yang memiliki kompetensi untuk melakukan perawatan orthodontik.

Mengenai keinginan anda bahwa ingin memasang behel dengan bracket sendiri, merupakan suatu hak dan juga kebijaksanaan dari dokter gigi tersebut. Tidak ada peraturan Departemen Kesehatan yang mengatur tentang kebijakan biaya tersebut. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter gigi yang bersangkutan mengenai biaya perawatan kawat gigi. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai ingin pasang behel bawa bracket sendiri agar biaya lebih murah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar