Sukses

Penanganan Eksim

16 May 2017, 18:28 WIB
Wanita, 23 tahun.

Assalamualaikum dok Mau tanya ttg seputar keshtan kulit. Kenapa susah sekali menyembuhkan gatal/eksim ya dok,berbagai krim oles sudah dicoba tetapi jika sembuh pasti tumbuh dan berpindah pindah. Mohon sarannya dok.trimakasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai eksim melalui fitur Tanya Dokter.

Eksim, yang dalam bahasa medis disebut dengan dermatitis. Dermatitis merupakan suatu peradangan kulit yang timbul sebagai respon terhadap pengaruh faktor dari luar (seperti paparan terhadap detergen, zat yang bersifat asam/basa, oli, suhu terlalu dingin, bakteri, jamur, dll) ataupun sebagai respon terhadap pengaruh faktor dari dalam tubuh (misal alergi). Dermatitis akan menimbulkan keluhan berupa kulit terasa gatal, berwarna merah, berbintik-bintik atau berbentol-bentol, kadang terdapat cairan didalamnya (vesikel), dll. Keluhan-keluhan dermatitis sering timbul berulang (kambuh-kambuhan) dan berlangsung lama.

Karena itu, untuk menangani eksim yang Anda alami, perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu. Adakah faktor-faktor pemicu yang membuat eksim Anda muncul? Anda perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat menyebabkan keluhan Anda muncul. Dengan mengetahui penyebab kambuhnya maka Anda dapat melakukan pencegahan kekambuhan. Jika setelah diobati dan Anda belum mengetahui penyebabnya maka kekambuhan dapat selalu terjadi karena memang penyakit ini termasuk jenis penyakit yang timbul berulang dan berlangsung lama. Selain itu, apakah Anda memiliki asma atau cenderung bersin setiap pagi? Jika iya, kemungkinan eksim ini memang karena alergi. Bila terjadi karena alergi, penanganan yang utama adalah dengan melakukan penghindaran terhadap pemicu alergi.

Kondisi yang Anda alami tentunya sudah berlangsung lama. Karena itu, kami sarankan agar Anda pun berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar diketahui sebab timbulnya eksim tersebut dan termasuk eksim jenis apa. Dengan demikian, pengobatannya juga akan lebih terarah dan tepat.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai eksim. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar