Sukses

Penyebab Nyeri Paha

16 May 2017, 17:48 WIB
Pria, 16 tahun.

Permisi dok, saya tubagus zidan umur 16 tahun. Saya akhir akhir ini suka merasakan nyeri dibagian kedua paha kaki. Kaki saya jadi tidak bisa diluruskan ketika duduk, jadi tidak bisa merukuk juga. Bahkan untuk menengok ke bawah juga sudah sakit. Dan, ketika saya sehabis tiduran lalu saya berdiri, saya merasakan nyeri yg sangat sakit dibagian paha hingga ke pantat bawah. Itu kenapa ya dok? Dan untuk pengobatannya seperti apa? Terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Nyeri Paha melalui fitur Tanya Dokter.

Ketegangan dan nyeri pada otot-otot anggota gerak juga dapat terjadi karena aktivitas yang salah posisi dan dilakukan berulang-ulang atau karena kontraksi otot ketika digunakan dengan kekuatan yang besar/aktivitas fisik yang berat. Bagaimanakah posisi Anda saat melakukan gerakan-gerakan tertentu dalam beraktivitas sebelum merasakan keluhan? Bagaimana dengan posisi tidur Anda? Adakah aktivitas tertentu yang menggunakan kekuatan besar dan berat dari otot-otot paha dan betis Anda yang dapat menjadi pemicu keluhan Anda?

Untuk mengurangi rasa sakit dapat dilakukan beberapa metode yang disingkat dengan PRICE, yaitu :

P : Protection (memberikan perlindungan pada bagian yang sakit)
R : Rest (mengistirahatkan atau mengurangi aktivitas yang membuat anggota gerak sakit)
I : Ice (mengkompres daerah yang sakit dengan es bila terasa nyeri)
C : Compress (membalut daerah yang terasa nyeri)
E : Elevated (meninggikan kaki yang mengalami nyeri)
Anda juga dapat mengoleskan krim atau gel anti nyeri pada daerah yang dirasa sakit. Jika keluhan berangsur hilang dalam 2-3 hari maka hal ini bukan masalah. Namun Anda perlu memperhatikan dengan seksama faktor apa yang menyebabkan timbulnya keluhan Anda dan memperbaikinya. Selain itu, kami tidak menyarankan untuk diurut karena terkadang jika caranya kurang tepat maka dapat menyebabkan otot semakin berkontraksi dan menjadi semakin sakit. Daerah yang sakit disarankan untuk diistirahatkan.

Jika terjadi permasalahan pada otot dalam jangka waktu yang cukup lama (lebih dari 1 minggu) dan krim anti nyeri biasa tidak berhasil, kami sarankan agar Anda dapat mengunjungi dokter spesialis saraf untuk melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Dokter akan menentukan otot-otot daerah mana saja yang mengalami masalah dan menentukan adakah keterlibatan saraf dan menyarankan penanganan diatermi atau rehabilitasi medik untuk merelaksasi otot sesuai dengan daerah yang bermasalah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Nyeri Paha. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar