Sukses

Benjolan di Anus

16 May 2017, 12:53 WIB
Wanita, 17 tahun.

Halo, dok. Saat mandi tadi, saya merasakan ada benjolan di luar anus saya. Persis di lingkarannya. Tidak terasa sakit. Ukurannya kira2 hanya sekecil biji. Warnanya menyerupai warna lingkar anus saya. Saya tidak merasakan apapun. Tidak pula berdarah Keseharian saya biasanya hanya tiduran. Di sekolah juga kebanyakan duduk. Jalan2 lama hanya sesekali saja. Mohon bantuannya, dok. Saya takut ini wasir atau lebih parah kanker. Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang benjolan di anus melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sebelum mengobati, tentu diagnosis harus terlebih dahulu ditegakkan, apakah benar bahwa benjolan anus yang anak Anda alami adalah  sebuah wasir atau bukan. Izinkan kami menjelaskan tentang apa itu wasir atau hemorrhoid.

Hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Di Amerika, 50% populasi usia 50an menderita wasir. Dan diperkirakan sekitar 50-85% populasi dunia akan mengalami gejala wasir pada periode tertentu dalam hidupnya.

Hemorrhoid dibagi menjadi 2 tipe :

  • Hemorrhoid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.
  • Hemorrhoid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes.

Pengobatan hemoroid tergantung dari jenis dan stadiumnya yang untuk mengetahuinya perlu pemeriksaan fisik secara langsung. Oleh karena itu kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk diagnosis pasti dan penanganannya secara langsung. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai benjolan di anus. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar