Sukses

Benjolan Pada Vagina

16 May 2017, 12:33 WIB
Wanita, 27 tahun.

assalamu alaikum dok,mau tanya akhir2 ini saya sering merasakan nyeri/sakit di perut bagian bawah sebelah kiri tembus belakang,dan terasa keram dibagian paha,trus di misV tepatnya di mulut rahim terdapat benjolan yg kalau pecah mengeluarkan cairang bning serupa dengan lendir,dan saya juga merasa cepat lelah dok,itu kenapa yach dok.terima kasih dok 😊

Terima kasih telah bertanya tentang benjolan pada vagina melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai benjolan pada vagina pasti sangat mengganggu Anda.

Sebelumnya perlu dijelaskan terlebih dahulu seberapa besar benjolan tersebut? Apakah benjolan tersebut lunak, kenyal, atau keras?

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Dalam dunia medis, semua benjolan disebut tumor. Secara garis besar benjolan (tumor) dibedakan menjadi tumor jinak atau ganas. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

  • Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  • Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  • Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  • Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  • Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak, namun untuk mengetahui secara pasti, maka benjolan tersebut harus diangkat dan diperiksa di bawah mikroskop (histopatologi).

Saran kami adalah Anda dapat memeriksakan diri ke dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Kebidanan dan Kandungan). Bila Anda malu, Anda dapat mencari dokter wanita. Setelah pemeriksaan, maka Anda bisa memperoleh penanganan yang optimal sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai benjolan pada vagina. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar