Sukses

Kulit Mengelupas

16 May 2017, 12:57 WIB
Pria, 13 tahun.

Dok, saya mengalami penyakit kulit mengelupas. Bagaimana cara mengobatinya?

Terima kasih telah bertanya tentang kulit mengelupas melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami ingin mengkonfirmasi beberapa hal : sejak kapan keluhan tersebut muncul? Apakah terasa gatal? Apakah sebelumnya Anda memakai produk kosmetik baru dan/atau sabun pencuci tangan baru yang tidak biasa Anda pakai sebelumnya? Apakah sebelumnya Anda memiliki riwayat alergi?

Perlu diketahui bahwa dalam dunia medis ada yang disebut dengan dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar. Gejala ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala (dalam kasus ini Anda harus mencari faktor pemicu). Untuk membantu mengatasi gejala sebaiknya diberikan terapi topikal dengan steroid. Terapi ini harus diresepkan oleh Dokter dan dijalankan sesuai petunjuk Dokter. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu, menghindari penggunaan air panas pada kulit, ganti sabun mandi Anda dengan sabun bayi dan berikan pelembab (moisturizer) pada telapak kaki serta tangan.

Untuk mengetahui sebab pasti keluhan kulit mengelupas tersebut, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar