Sukses

Tes Dahak Ulang Setelah Pengobatan Tuberkulosis

16 May 2017, 11:54 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya pasien tb baru dua minggu mnjalani pengobatan.pengobatan paru" saya d alihkan dari rumah sakit ke puslesmas trdekat. Hasil rontgen sudah ada dan positif hasil tes dahak negatif, tapi ktika saya mau mlanjutkan pngobatan d puskesmas saya malah d suruh tes dahak lagi dan mulai pengobatan dari awal dengan alasan untuk kelengkapan prosedur sedangkan saya sudahmengkonsumsi obat" itu selama dua minggu tanpa putus, itu gmana ya dok apa ngga apa" ke badan sayanya kalo d ulang dari awal lagi ? Mhon pnjelasannya trma ksh

Terima kasih telah bertanya tentang tes dahak ulang setelah pengobatan tuberkulosis melalui fitur Tanya Dokter.

Tes dahak pada pengobatan tuberkulosis umumnya dilakukan setelah pasien menjalani pengobatan selama dua bulan, lima bulan, dan enam bulan untuk menilai respon terhadap obat yang diberikan. Selain tes dahak, pemeriksaan rontgen paru-paru pun kerap dilakukan. Pada kasus Anda dimana dilakukan rujuk balik dari rumah sakit ke puskesmas, tes dahak memang sering dilakukan untuk melengkapi dokumentasi di puskesmas. Tidak ada masalah bila Anda diminta untuk tes dahak ulang dengan catatan Anda harus menginformasikan bahwa Anda telah konsumsi obat TB selama 2 minggu penuh. Anda perlu mengkomunikasikan dengan jelas bahwa Anda telah konsumsi obat TB selama 2 minggu tanpa putus kepada petugas di puskesmas agar pengobatan tidak perlu diulang dari awal (kembali lagi dengan penekanan bahwa selama 2 minggu Anda benar-benar mengkonsumsi tanpa putus). 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai tes dahak ulang setelah pengobatan tuberkulosis. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar