Sukses

Menunda Kehamilan Setelah Menikah

16 May 2017, 11:55 WIB
Wanita, 18 tahun.

Sore dok, mau tanya kl habis nikah agar ga cepet hamil gimana ya .. apa suntik KB/berbagai macam obat itu baik didalam tubuh? Terimakasih 😊

Terima kasih telah bertanya tentang menunda kehamilan setelah menikah melalui fitur Tanya Dokter. 

Jika Anda sedang dalam program menunda Kehamilan, maka pilihan pertama sesuai dengan urutan prioritas pemilihan KB adalah dengan metode sederhana atau alamiah. Yang paling sering digunakan dan lebih efektif adalah menggunakan metode kalender.

Jika Anda hendak mencoba sistem kontrasepsi ini, maka tiga kiat berikut ini akan memudahkan Anda, antara lain:

  • Siklus Teratur: Pastikan pasangan dari pihak wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur. Akan sangat riskan menerapkan sistem ini pada wanita yang tidak teratur siklus menstruasinya, karena perkiraan waktu terjadinya ovulasi akan sulit diprediksi.
  • Pantau Kondisi Suhu: Sesungguhnya proses ovulasi itu memiliki beberapa indikator yang dapat dipantau, misalnya pada saat ovulasi suhu tubuh wanita cenderung untuk meningkat sekitar 1 sampai 2 derajat celcius, karena itu ada baiknya bagi wanita yang hendak menerapkan metode ini untuk memantau suhu tubuhnya secara rutin dengan termometer digital, sehingga dapat mengetahui kapan terjadinya ovulasi. Selain itu sekarang ini banyak beredar dipasaran alat pemeriksa kesuburan yang dapat digunakan dengan mudah.
  • Lakukan dengan Bertanggung Jawab : Sangat dianjurkan teknik ini hanya dilakukan oleh pasangan tetap atau yang hanya bagi yang sudah menikah. Jika Anda menerapkan sistem ini pada pasangan tidak tetap, justru dampaknya lebih besar, antara lain seperti terkena syphilis, raja singa (gonorrheae), Chlamydia, atau bahkan HIV-AIDS sertapenyakit menular seks lainnya.

Setiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, demikian juga dengan sistem kalender. Kelebihan dari metode kontrasepsi ini adalah, karena sifatnya yang tidak menggunakan obat obatan maupun alat, maka sesungguhnya metode ini sangat alamiah, tidak memiliki efek samping, dan tentunya tidak akan menggangukenikmatan bercinta bagi pasangan. Namun kekurangan dari sistem ini yakni sistem ini hanya dapat diterapkan bagi wanita wanita yang memiliki siklus haid yang teratur setiap bulannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai menunda kehamilan setelah menikah. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar