Sukses

Maag dan Vertigo

15 May 2017, 22:38 WIB
Pria, 37 tahun.

Dok. Lambung Saya sering sakit Kepala saya sering berputar putar

Terima kasih telah bertanya tentang maag dan vertigo melalui fitur Tanya Dokter

Gejala penyakit maag memang biasanya terdiri dari mual dan muntah. Namun, pusing berputar jarangkali termasuk sebagai penyakit maag. Bila keluhan Anda didahului pusing berputar, baru terjadi mual dan muntah, maka kemungkinan besar penyakit tersebut adalah penyakit yang disebut Vertigo. Mana gejala yang lebih mendominasi? Berikut kami jelaskan kedua penyakit tersebut.

Apakah ada keluhan pusing berputar, mual, muntah, tidak mampu membuka mata karena dunia terlihat berputar? Jika keluhan Anda seperti itu maka memang kemungkinan besar disebabkan oleh penyakit vertigo.

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  1. Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  2. Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan antivertigo, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau syaraf? Kami menyarankan Anda berobat ke dokter untuk menentukan jenis vertigo pada Anda:

Sedangkan maag, yang dalam bahasa medis seringkali disebuat gastritis, adalah bentuk peradangan lambung yang ditandai dengan rasa penuh di perut, mual, nyeri ulu hati, bahkan bisa sampai muncul sensasi sesak nafas. Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Nah penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah :

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
  4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait maag dan vertigo. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar