Sukses

Nyeri Perut di Awal Kehamilan

15 May 2017, 22:09 WIB
Pria, 23 tahun.

dok saya mau tanya selama hamil saya suka maka gar capur cabai di ulek jadi satu terus saya makan dengan jangung cuma gak banyak bgt dok kadar biasa tp saya mau banyakin minum air setiap makan asin saya sedang hamil 7 minggu pertanyaan saya untuk ibu hamil makan garam itu barmasalah gal dok untuk janin dan saya sering mekan makanan pedas kalau kurang pedas rasanya saya gak mood makan tp gak berlebihan dok paling masih kadar wajar apakah itu bisa mengangu janin saya dong ?? dan sekarang2 saya sering merasakan nyeri pada perut saya kadang bagian kiri adan kadang bagian kanan itu kenapa juga ya dok??

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri perut di awal kehamilan melalui fitur Tanya Dokter

Nyeri perut pada ibu hamil merupakan salah satu keluhan yang seringkali ditemui. Sebenarnya tidak semua nyeri timbul akibat suatu kelainan yang serius, terutama apabila hanya dirasakan sesekali, seperti pada kasus Anda. Pengaruh gas dalam perut, penekanan organ oleh rahim yang membesar, peregangan dan penebalan ligamentum penahan rahim, perubahan posisi tiba-tiba, dan konstipasi juga dapat menyebabkan keluhan yang serupa. Kondisi ini adalah wajar dan terkadang dapat pula disertai oleh flek/bercak perdarahan ringan akibat implantasi hasil pembuahan ke dinding rahim.

Akantetapi bila nyeri perut yang dirasakan cukup berat, sering, terlebih disertai dengan perdarahan yang banyak, maka Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dua hal yang dapat menyebabkan nyeri perut hebat di awl kehamilan adalah :

  1. Kehamilan ektopik
    Hal ini terjadi ketika kehamilan terjadi di luar rahim atau kandungan. Gejala yang dapat muncul adalah nyeri hebat pada salah satu sisi perut bagian bawah yang disertai dengan flek-flek. Kehamilan ektopik dapat membahayakan ibu dan janin sehingga kehamilan harus diakhiri dengan cara menggugurkannya.
  2. Keguguran
    Nyeri atau kram perut hebat jauh lebih nyeri dari nyeri saat haid yang disertai oleh flek-flek maupun perdarahan atau bahkan bergumpal-gumpal merupakan tanda keguguran.

Untuk konsumsi garam sendiri, sebenarnya tidak ada larangan sejauh masih dalam jumlah wajar. Konsumsi garam berlebih berpotensi meningkatkan tekanan darah ibu yang dapat mengganggu kesehatan kehamilan. 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait nyeri perut di awal kehamilan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar