Sukses

Menghitung Usia Kandungan

15 May 2017, 21:39 WIB
Wanita, 29 tahun.

Selamat sore dok, sy mau tanya hpht sy tnggl 29maret di tp positive,berarti usia kehamilan sy brp week dok?trus beberapa bln terakhir sy sering merasakan denyut jantung yg tdk trratur (berdebar2), bahayakah untuk kehamilan sy skrg?terimakasih dok. .

Terima kasih telah bertanya tentang menghitung usia kandungan melalui fitur Tanya Dokter.

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan, salah satunya adalah dengan melakukan perhitungan menurut HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila sang wanita hamil memiliki siklus menstruasi teratur dan normal yaitu sekitar 28 hari. Apabila siklus menstruasi Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid. Namun perlu diketahui bahwa pada seorang perempuan yang memiliki siklus haid teratur, pada 10-14 hari pertama haid hormon reproduksi bekerja mematangkan sel telur hingga siap dilepaskan dari kandung telur (disebut juga ovulasi). Dengan demikian pembuahan baru mungkin terjadi setelah proses ovulasi tersebut hingga datang masa haid berikutnya. Atau dengan kata lain awal kehamilan yang sebenarnya baru dimulai sekitar 10-14 hari pertama setelah HPHT. Berdasarkan HPHT, usia kehamilan Anda adalah 6 minggu 5 hari. 

Lazim adanya apabila metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama menstruasi terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan dapat dilihat kondisi janin Anda jika memang terbukti terjadi kehamilan.

Terkait jantung berdebar saat hamil, hal tersebut bisa jadi suatu yang normal. Penyebab jantung berdebar saat hamil ini masih belum jelas. Namun diduga, jantung berdebar saat hamil disebabkan oleh efek hormon progesteron pada otot jantung agar dapat mencukupi kebutuhan aliran darah ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Selama masa kehamilan, jantung bertanggung jawab untuk mencukupi kebutuhan darah di rahim. Untuk mengakomodasi pertumbuhan janin, jantung Anda akan memompa darah lebih banyak dari sebelumnya. Volume darah dalam tubuh meningkat 30-50%, dan frekuensi denyut jantung juga ikut meningkat.

Pada kasus tertentu, jantung berdebar saat hamil bisa disebabkan karena konsumsi kafein yang terlalu banyak. Kafein bisa ditemukan di dalam cokelat, soda, kopi atau teh.

Selain itu, stres dan rasa cemas juga bisa memicu jantung berdebar saat hamil. Bila Anda mengalami situasi yang membuat Anda stres, cobalah untuk mengurangi kondisi stres tersebut dan lakukan latihan pernapasan untuk membantu Anda relaks. Yoga atau pijat prenatal mungkin dapat membantu.

Anda tidak perlu khawatir bila mengalami jantung berdebar yang terjadi sewaktu saja. Namun, bila Anda sering mengalami jantung berdebar atau jantung berdebar diikuti gejala nyeri dada, pusing, atau sesak napas, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, bila Anda mempunyai riwayat penyakit jantung atau kelainan jantung sebelumnya, Anda juga sebaiknya segera menghubungi dokter.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait menghitung usia kandungan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar